Kasdam IX/Udayana: TMMD Adalah Program Berkelanjutan

Kategori Berita

.

Kasdam IX/Udayana: TMMD Adalah Program Berkelanjutan

Koran lensa pos
Senin, 10 Juni 2024
Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Hartono bersama Wabup Syahrul Parsan, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati dan Danramil 01/Dompu Kapten Kav. M. Kasim meninjau MCK yang menjadi program tambahan TMMD ke 120 Kodim 1614/Dompu kolaborasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Dompu



koranlensapos.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah berkelanjutan. Setelah TNI melaksanakan program tersebut, akan diserahkan kepada pemerintah daerah untuk menindaklanjuti agar pemanfaatannya lebih optimal.

Demikian paparan Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Hartono dalam konferensi pers usai menutup secara resmi kegiatan TMMD ke 120 Kodim 1614/Dompu di Lapangan Bola Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Jumat (7/6/2024).

"Program TMMD adalah program berkelanjutan, setelah diserahkan ke Pemda akan ditindaklanjuti oleh Pemda," ujar Jenderal TNI berbintang satu tersebut.

Dipertegas Kasdam, program TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dompu.

Karena itu, lanjutnya, program yang dilaksanakan juga harus selaras dengan program KASAD TNI  antara lain ketahanan pangan, stunting, penghijauan (pelestarian lingkungan), dan manunggal air.

Kasdam kemudian mengapresiasi pelaksanaan TMMD di Kabupaten Dompu yang terlaksana dengan baik dan berhasil dengan baik pula. Bahkan banyak juga kegiatan tambahan di luar kegiatan utama dari program tersebut.

"Pada intinya program TMMD ke 120 di Kabupaten Dompu ini sudah sangat baik bahkan dalam laporan Dandim ada beberapa kegiatan yang tidak ada dalam program tapi dikolaborasi antara Pemda dan Satgas akhirnya menghasilkan beberapa hasil yang memang sangat dibutuhkan. contohnya MCK, tempat sampah, pembersihan sungai, penghijauan, sumur bor, dan sebagainya," ucapnya mengapresiasi.

Untuk itu, Kasdam berterima kasih kepada Pemda Dompu atas bantuan yang diberikan dalam bentuk dukungan anggaran maupun koordinasi yang solid di lapangan sehingga TMMD dapat terlaksana dengan baik. Terima kasih juga disampaikan kepada Satgas, Polri, masyarakat yang dilibatkan dalam kegiatan TMMD.

"TMMD ini kemanunggalan rakyat dengan TNI sehingga masyarakat dilibatkan," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wabup Syahrul Parsan berjanji akan menindaklanjuti program TMMD ke-120 yang telah dilaksanakan oleh Kodim 1614/Dompu agar pemanfataannya bisa lebih optimal. 
"In sya'allah pemerintah akan melakukan peningkatan apa yang dibangun, seperti jalan perlu dilakukan peningkatan dengan perkerasan permukaan agar di musim hujan tidak terjadi gerusan atau longsor," kata Wabup.

Namun demikian, Wabup berharap kepada masyarakat agar dapat merawat dan memelihara semua yang telah dibangun oleh TNI dalam program TMMD serta dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Masyarakat juga diharapkan menjaga. Jangan sampai saluran dijadikan tempat pembuangan sampah. Begitupun dengan pembersihan kali. Masyarakat jangan sampai membuang sampah di aliran sungai karena akan menghambat alirannya dan akan terjadi banjir dan menjadikan daerah kita kumuh," pungkasnya. (emo).