Sahe Hodo, Maskot Pilkada Dompu 2024

Kategori Berita

.

Sahe Hodo, Maskot Pilkada Dompu 2024

Koran lensa pos
Senin, 27 Mei 2024
Maskot Pilkada Dompu tahun 2024, Sahe Hodo


Dompu, koranlensapos.com - Sayembara pembuatan maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2024 akhirnya berhasil menemukan sang jawaranya. Ia adalah Muhammad Indermawan, seorang ASN di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu.

Maskot yang dibuat Indermawan yakni Sahe Hodo (Kerbau Hodo). Hodo adalah nama salah satu destinasi wisata pantai yang berlokasi di Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Di tempat ini banyak ditemukan kerbau yang sedang berendam di dalam air untuk menyejukkan diri di siang hari.

Inder menjelaskan kerbau adalah hewan endermik di Kabupaten Dompu yang bisa dekat dan erat dengan kehidupan masyarakat petani.

"Hewan ini membantu petani untuk mengolah lahan persawahan yang merupakan budaya masyarakat agraris berabad-abad," jelas Inder.

Dikemukakan Inder, mamalia bertubuh besar ini merupakan hewan yang suka hidup berkelompok dengan damai pada sebuah kubangan untuk menyejukkan diri. 
Pada vektor ini kerbau dengan penamaan Sahe Hodo dikemas menggunakan pakaian adat kebesaran Dompu berupa Baju Pasangi Lanta Songko Pangke Ta'a, Siki Weri, dan Sampari sebagai pakaian khas para raja. 

"Vektor kerbau ini dengan filosofi kebersamaan, kekuatan, dan tetap damai dimana pun berada. Diharapkan dengan kebersamaan dapat membentuk kekuatan dan tetap menjaga perdamaian dalam Pilkada Dompu tahun 2024," kata Inder mengemukakan alasannya membuat maskot Sahe Hodo (Kerbau Hodo).

Kerbau adalah jenis mamalia jinak yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Hewan bertubuh kuat namun penurut ini pada masa lampau digunakan secara turun temurun oleh masyarakat Dompu untuk membajak sawah. Filosofi itulah yang mengilhami Muhammad Indermawan memilih kerbau dalam sayembara pembuatan maskot yang digelar KPU Dompu beberapa waktu lalu. Maskot yang ia buat berkepala kerbau. Sedangkan di bagian tubuh hingga kaki seperti gambar manusia biasa berpakaian lengkap khas raja Dompu. Di tangan kanan maskot Sahe Hodo memegang selembar kertas bertuliskan "Ingat 27 November 2024". Kalimat itu mengandung ajakan kepada masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS pada tanggal 27 November 2024. Di bawahnya tertulis tagline Pilkada Dompu 2024 "Manggini - Manggari - Mataroa".

Maskot Sahe Hodo karya Indermawan akhirnya berhasil memenangkan sayembara itu. Pengumuman sang jawara sayembara maskot disampaikan dalam rangkaian acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu di Taman Kota pada Sabtu malam (25/5/2024). Dengan demikian,  Sahe Hodo resmi menjadi maskot Pilkada Dompu tahun 2024 dengan tagline Manggini - Manggari - Mataroa.

"Diharapkan melalui Pilkada Dompu tahun 2024 ke depan akan menghasilkan pemimpin yang kuat, berani dan bisa membawa kemakmuran untuk masyarakat Dompu seperti sosok kerbau yang punya manfaat tenaganya untuk masyarakat petani. Begitupun diharapkan pada pemimpin kita yang MANGGINI MANGGARI MATAROA agar bisa membawa kemakmuran dan kemajuan pada kehidupan masyarakat Dompu," urainya.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Dompu, Yusuf menjelaskan filosofi dari tagline "Manggini - Manggari - Mataroa".

Manggini, artinya proses Pilkada yang dilaksanakan adalah yang berkualitas dengan mengedepankan integritas, taat aturan serta solidaritas dan kemanusiaan;

Manggari mengandung makna masyarakat Dompu menyambut Pilkada dengan sukacita dan riang gembira dipenuhi dengan semangat kekeluargaan dan perdamaian, menjunjung tinggi perbedaan untuk menggapai rahmat kebhinekaan;

Sedangkan Mataroa artinya hasil Pilkada yang menjamin harapan kedaulatan rakyat atas kesejahteraan, keadilan dan persatuan.

Selain maskot Sahe Hodo, KPU Dompu juga pada malam Peluncuran Pilbup dan Wabup itu mengumumkan pemenang Jingle Pilkada Dompu 2024. Pemenangnya adalah Muh. Rafly Ferniawan, seorang anak muda asal Kelurahan Karijawa Dompu.

Jingle KPU Dompu versi original dinyanyikan oleh Nurin Aprilia, staf di Puskesmas Dompu Kota pada malam Peluncuran Pilbup dan Wabup Dompu, Sabtu malam (25/5/2024) itu. Dalam versi original ini diiringi musik etnik Dompu genda dan silu (gendang dan serunai).

Pada malam itu juga ditampilkan Jingle yang telah diaransement ulang oleh Sativa Band. Aransement ulang oleh Sativa Band ini tidak mengubah syair (lirik) dari jingle tersebut, tetapi hanya melakukan perubahan pada musiknya saja.

Inilah Jingle KPU hasil karya Muh. Rafly Ferniawan:


Jangan biarkan suaramu 
Berada di tangan yang salah 
Ayo memilih yang terbaik 
Untuk dou labo dana Dompu 

27 November 2024 
Jangan tinggalkan hak pilihmu 
Mari bergabung dalam pemilu Bupati dan Wakil Bupati Dompu 

REFF: 

Caki bupati labo wakilnya 
Kai ma nggini ma nggari ma taroa 
Caki bupati labo wakilnya 
Kai ma nggini ma nggari ma taroa.... 
Dou ma nggini dou ma loa ra bade 
Caki ma nggari kai raso ade 
Ka do'o toi na ngango ra nggora di dana ndai Dompu ma ta roa.. 
(emo).