Kakan Kemenag, MUI dan FKUB Dompu Silaturahim dengan Jemaah Pengajian LDII di Manggelewa

Kategori Berita

.

Kakan Kemenag, MUI dan FKUB Dompu Silaturahim dengan Jemaah Pengajian LDII di Manggelewa

Koran lensa pos
Kamis, 16 Mei 2024
Kegiatan silaturahmi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, KH. Syamsul Ilyas, Sekum MUI Drs. Tirmizi, dan Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin, S. Ag beserta rombongan dengan jemaah pengajian PC LDII Kecamatan Manggelewa di Masjid Baitul Makmur Desa Soriutu, Rabu malam (15/5/2024). Hadir pula Kepala Desa Soriutu, Imam Suanto, S. Pd.


Dompu, koranlensapos.com - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. KH. Syamsul H. Ilyas, M. Si bersama Ketua Umum MUI Kabupaten Dompu diwakili Sekretaris Umum, Drs. Tirmizi dan Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin, S. Ag bersilaturahmi dengan anggota Pengajian Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Manggelewa. Kegiatan itu berlangsung di Masjid Baitul Makmur Desa Soriutu Kecamatan Manggelewa pada Rabu malam (15/5/2024).

Kedatangan Kakan Kemenag beserta rombongan disambut dengan hangat oleh Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu, H. Suaidin, S. Ag didampingi Sekretaris Supriyadin, S. Sos, Pengurus PC LDII Kecamatan Manggelewa serta Kepala Desa Soriutu, Iman Suanto, S. Pd, tokoh masyarakat dan warga setempat.

Terlihat hadir pula dalam kegiatan itu, Drs. H. A. Gani H. A. Malik (Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Dompu sekaligus Sekretaris FKUB Kabupaten Dompu),  Rohana, SE (Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Dompu) serta Kepala KUA Kecamatan Manggelewa, Drs. H. Lukman.

Kegiatan silaturahim tersebut diawali pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh tiga cabe rawit (anak-anak) anggota pengajian PC LDII Kecamatan Manggelewa. Selanjutnya Sekretaris DPD LDII Kabupaten Dompu, Supriyadin yang memandu kegiatan itu menjelaskan bahwa masjid-masjid yang menjadi binaan LDII terbuka untuk umum dan tidak terbatas untuk anggota pengajian LDII saja. 

Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu, H. Suaidin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tulus atas kunjungan dari Kakan Kemenag, Ketua Umum MUI (diwakili Sekretaris) dan Ketua FKUB beserta rombongan yang menyempatkan waktu di tengah berbagai kesibukan untuk bersilaturahim dengan warga pengajian LDII.

Suaidin lagi-lagi menegaskan masjid dan pengajian LDII tidaklah tertutup, namun terbuka untuk umum untuk mendalami Al-Qur'an dan As-Sunnah yang menjadi pegangan bagi kaum muslimin dalam beribadah dan bermuamalah.

"Pengajian di LDII ini tidak terikat kepada siapa pun karena kita sama-sama belajar tentang ilmu agama yang bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits," ujarnya.

Kepala Desa Soriutu, Imam Suanto, S. Pd selaku tuan rumah menyampaikan apresiasi kepada Kakan Kemenag beserta rombongan atas kunjungan di Desa Soriutu. Apresiasi juga disampaikan kepada PC LDII Kecamatan Manggelewa yang telah membuka ruang sehingga kegiatan silaturahmi bisa terlaksana dengan baik.

Dikatakannya pertemuan silaturahmi semacam ini sangat penting untuk meningkatkan tali ukhuwah dan kerukunan di antara sesama kaum muslimin sebagaimana difirmankan Allah SWT dalam Surah Al-Hujurat ayat 10 bahwa sesungguhnya orang-orang beriman adalah bersaudara.

"Maka wadah ini tercipta atas perintah Allah SWT," urai Kades berlatar belakang aktivis HMI tersebut.

Diakuinya LDII dalam menyiarkan dakwah tidak menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat, bahkan ia melihat ada potensi yang bisa disinergikan dan selaras dengan visi misinya dalam mewujudkan Desa Soriutu yang Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Ghofur. 

"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah membentuk Rumah Qur'an di tiap-tiap dusun," ujarnya.

Imam mengemukakan untuk mengetahui sejauhamana keberhasilan Program Rumah Qur'an ini, akan dilakukan Uji Publik secara serentak di Gedung Serba Guna.

"Dan tentu kami juga berharap dari TPQ atau Rumah Qur'an Masjid Baitul Makmur PC LDII Kecamatan Manggelewa ini bisa menampilkan santri-santrinya yang berpotensi dalam kegiatan itu,. In sya'allah antara bulan 11 atau bulan 12," harapnya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga memprogramkan peningkatan kapasitas Guru Ngaji dan Petugas Pemandian Jenazah.

Pada kesempatan yang sama, Kakan Kemenag, KH. Syamsul H. Ilyas mengapresiasi terselenggaranya kegiatan silaturahmi di Masjid Baitul Makmur Desa Soriutu Kecamatan Manggelewa.

Dikatakan H. Syamsul, selama ini Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu tetap bersama dengan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Dompu, MUI maupun FKUB dalam agenda menyapa umat. Termasuk kunjungan silaturahmi ke Manggelewa ini terlaksana berkat jalinan hubungan komunikasi yang baik selama ini. 

"Pada kesempatan yang berbahagia ini kami atas nama keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Dompu mengucapkan Jazakumullahu khaira terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar LDII Kabupaten Dompu dan juga kepada 
Kepala Desa Soriutu yang telah menyambut kedatangan kami," ucapnya.

Dilanjutkan mantan Kepala Kemenag Sumbawa ini, silaturahim merupakan pilar kekuatan yang harus selalu dirawat bersama. Melalui jalinan silaturahmi, banyak hal yang bisa dibicarakan bersama untuk menyelesaikan persoalan keumatan. Munculnya persoalan-persoalan keumatan umumnya karena terkendala hubungan silaturahim dan komunikasi. Dengan kata lain silaturahmi akan bisa mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di tengah umat.

"Alhamdulillah LDII khususnya di Kabupaten Dompu tetap menjalin hubungan silaturahim ini, bukan hanya dengan Kementerian Agama, MUI, atau FKUB, tetapi juga dengan ormas lain, juga dengan pemerintah daerah dan instansi terkait," akunya.

Disebutnya pula kegiatan silaturahmi dengan jemaah pengajian LDII sudah intens dilakukannya bersama dengan mantan Ketua Umum MUI Kabupaten Dompu, KH. Abdullah Arsyad (almarhum). 
 

Diuraikan Kakan Kemenag, Negara Kesatuan Republik Indonesia berdiri di atas keanekaragaman suku, budaya, bahasa, adat istiadat yang berbeda dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Namun semua bisa hidup berdampingan karena adanya hubungan silaturahmi yang saling menguatkan, saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain.

Pada momen tersebut, Kakan Kemenag juga menguraikan sekilas tentang prosedur pembangunan rumah ibadah maupun pendirian TPQ dan Rumah Qur'an dengan mengikuti regulasi yang ada.

Memungkasi sambutannya, Kakan Kemenag kembali mengajak kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, maupun penerintah desa dan masyarakat untuk saling bersinergi dan saling menguatkan dalam mengatasi berbagai persoalan keumatan.

"Kalau kita sudah saling menguatkan, apapun persoalannya bisa kita selesaikan dengan duduk bersama. Jangan sampai diperdebatkan yang baca qunut dan tidak baca qunut. Yang harus dipersoalkan yang tidak sholat subuh," urainya sembari tersenyum.

Sekretaris Umum MUI Kabupaten Dompu, Drs. Tirmizi menyampaikan terima kasih kepada Pengurus PC LDII Kecamatan Manggelewa yang telah menerima kunjungan silaturahmi ini.

Diakuinya Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu sangat intens dalam beraudiensi dengan Pengurus MUI Kabupaten Dompu.

"Dalam waktu tahun ini saja ini baru bulan lima, sudah tiga kali Pengurus DPD LDII ke Sekretariat MUI Kabupaten Dompu. Bahkan kami beberapa kali sering diajak dalam kegiatan di Mataram," aku Sekum MUI Dompu tiga periode tersebut.

Apresiasi juga disampaikan Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin, S. Ag. Diakuinya LDII di Kabupaten Dompu banyak berkontribusi dalam kegiatan bakti sosial kebersihan maupun keagamaan. Antara lain dalam bentuk pembersihan massal dan pembagian paket qurban kepada masyarakat.

Kegiatan silaturahmi itu diakhiri dengan sesi foto bersama. (emo).