Kadistanbun Dompu Sampaikan 6 Hal Agar Produksi Jagung Berkualitas Baik

Kategori Berita

.

Kadistanbun Dompu Sampaikan 6 Hal Agar Produksi Jagung Berkualitas Baik

Koran lensa pos
Kamis, 18 April 2024

          Jagung usia 125 hari

Dompu, koranlensapos.com - Mutu pipilan jagung yang dihasilkan petani sangat berpengaruh pada harga. Kadar Air (KA) pada pipilan jagung juga demikian. Untuk menghasilkan pipilan jagung bermutu baik dengan kadar air rendah, sangat bergantung pada perlakuan petani, terutama pada saat pemanenan, pemipilan (penggilingan) maupun penjemuran.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni memberikan saran untuk petani agar mendapatkan pipilan jagung berkualitas bagus dengan kadar air yang rendah pula.

"Ada beberapa hal yang bisa dilakukan petani jagung agar mendapatkan hasil produksi yang baik," ujarnya.

Pertama, Panen jagung saat mencapai usia fisiologis. Usia fisiologis jagung minimal 120 hari. Pemanenan di atas usia 120 hari lebih baik lagi. Apalagi bisa mencapai umur 150 hari (usia 5 bulan), maka akan mencapai KA 18 ℅ setelah pemipilan (penggilingan);

Kedua, Pemanenan dilakukan saat cuaca panas. Hindari pemanenan saat hujan. Pemanenan saat hujan akan menyebabkan tongkol dan kelobot (daun pembungkus tongkol jagung) basah yang akan meningkatkan KA di tempat tumpukan sebelum pemipilan (penggilingan);

Ketiga, Gunakan thresher/mesin pemipil yang baik kualitas pipilannya. Karena ada thresher juga yang hasil pipilannya banyak jagung pecah, sehingga memicu tumbuhnya jamur apalagi kondisi cuaca tdak cerah. 

Keempat, Sebaiknya jemur jagung di lantai jemur;

Kelima, Kalau dengan alas terpal, pastikan selalu dibolak balik pada saat penjemuran;

Keenam, Apabila terlanjur memipil (menggiling), kemudian kondisi cuaca tdak mendukung (hujan dan berawan) sebaiknya jagung dijual dalam kondisi basah untuk menghindari tumbuhnya jamur.

"Karena jagung basah (segar) menurut gudang, ini adalah grade A karena langsung masuk dryer dan kualitasnya paling baik," jelas Dae Roni. (emo).