DWP Dompu Gelar Ramadhan Berbagi Plus Sholat Tasbih dan Khataman Al-Qur'an

Kategori Berita

.

DWP Dompu Gelar Ramadhan Berbagi Plus Sholat Tasbih dan Khataman Al-Qur'an

Koran lensa pos
Rabu, 03 April 2024
Kegiatan Ramadhan Berbagi dirangkaikan dengan Shalat Tasbih dan Khataman Al-Qur'an yang dilaksanakan oleh DWP Kabupaten Dompu di Masjid Al-Muhtar Sawete Bali Satu Dompu, Rabu (3/4/2024)



Dompu, koranlensapos.com - Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Dompu kembali menggelar kegiatan Ramadhan Berbagi yang dirangkaikan dengan Sholat Tasbih dan Khataman Al-Qur'an.


Kegiatan itu berlangsung di Masjid Al-Muhtar Lingkungan Sawete Barat Kelurahan Bali Satu Kecamatan Dompu pada hari Rabu (3/4/2024). Dihadiri segenap Pengurus DWP Kabupaten Dompu. Hadir pula Lurah Bali Muzakir Akbar dan tokoh masyarakat setempat.


Ketua DWP Kabupaten Dompu, Annike Kusumawati, S.Si.T., M. Kes menyebutkan kegiatan sosial keagamaan itu telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turun sejak tahun 2022 lalu.

"Ini adalah tahun ketiga," sebutnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pemberian bantuan paket sembako secara simbolis kepada lansia dan dhuafa. Sebanyak 50 paket sembako sumbangsih dari PT. Pegadaian Area Dompu dan DWP Kabupaten Dompu untuk dibagikan kepada para lansia dan dhuafa dalam kegiatan itu.

Usai penyerahan bantuan dilanjutkan dengan sholat tasbih secara berjamaah yang diimami oleh Ustadz Lalu Syarifuddin, SQ (Ketua Komisi Dakwah MUI Kabupaten Dompu).

Sebelum pelaksanaan Sholat Tasbih, Ustadz Lalu Syarifuddin terlebih dahulu menerangkan tata cara pelaksanaannya. Dijelaskan Ustadz Lalu, Sholat Tasbih sebanyak 4 rakaat. Setiap rakaat membaca kalimat Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallau Wallahu Akbar sebanyak 75 kali. Perinciannya usai membaca Surah Al-Fatihah dan surat pendek membaca kalimat tersebut sebanyak 15 kali. Saat rukuk 10 kali, bangun dari rukuk (iktidal) 10 kali, sujud 10 kali, duduk antara dua sujud 10 kali, sujud lagi 10 kali, kemudian duduk lagi 10 kali. Setelah itu dilanjutkan dengan rakaat kedua, ketiga dan keempat seperti itu.

Ustadz Lalu menjelaskan ada 10 dosa yang akan diampuni oleh Allah sebab melaksanakan shalat tasbih, yakni dosa yang besar dan kecil, dosa yang sudah lama maupun yang baru, dosa yang masih diingat atau dilupakan, dosa yang disengaja atau tidak disengaja serta dosa yang diketahui orang lain maupun yang tidak diketahui orang lain.

Ketua DWP, Annike Kusumawati menambahkan bahwa dengan rutin mengerjakan shalat tasbih, di samping mendapatkan 10 keutamaan yang disampaikan Ustadz Lalu, juga akan diberikan keutamaan lain oleh Allah berupa kesehatan dan kekuatan serta dihilangkan dari penyakit-penyakit yang ada dalam tubuh.



Usai shalat tasbih dilanjutkan dengan khataman Al-Qur'an yang dipandu oleh Ustadz Lalu Syarifuddin.

Ustadz Lalu menerangkan membaca Al-Qur'an bernilai ibadah yang sangat besar pahala dan keutamaannya. Setiap huruf yang dibaca mendapatkan 10 kebaikan apalagi membaca Al-Qur'an di bulan suci Ramadhan. (emo).