Dandim 1614/Dompu Hadiri Apel Pergeseran Pasukan PAM Pemilu

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Hadiri Apel Pergeseran Pasukan PAM Pemilu

Koran lensa pos
Rabu, 14 Februari 2024

Apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Dompu, Selasa (13/2/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Lapangan Mapolres Dompu, Selasa pagi (13/2/2024) berlangsung Apel pergeseran pasukan untuk tugas Pengamanan dalam pelaksanaan pemungutan suara Pemilu tahun 2024 di Wilayah Kabupaten Dompu.

Apel pergeseran pasukan dipimpin Dirnarkoba Polda NTB, Kombes Pol Dedy Supriyadi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kombes Pol Dedy Supriyadi, Kombes Pol Dr Sumarsono,  Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain serta Danki Brimob IPTU M Jasuli Ramadhan.

Pimpinan Apel menyampaikan 
tujuan pelaksanaan apel adalah untuk melakukan pengamanan di tiap-tiap TPS.

"Apapun bentuk kendala di lapangan agar segera dilaporkan kepada pimpinan untuk mengantisipasi setiap gejolak yang terjadi," tegas Dirnarkoba Polda NTB tersebut.

Lebih lanjut Pimpinan Apel menjelaskan beberapa tugas aparat keamanan. 
Pertama, membantu KPPS dalam proses pemungutan dan rekapitulasi suara;
Kedua, melakukan tindakan keamanan dalam mencegah ambang gangguan kamtibmas;
Ketiga, melakukan sinergi dan kerja sama dengan unsur penyelenggara Pemilihan Umum; dan 
keempat, membantu pengawalan kotak suara hasil perhitungan dari TPS ke tempat tujuan yang ditetapkan. 

"Momentum tugas terbaik dan yang paling bergengsi adalah pelaksanaan PAM Pemilu. Ini penekaaban Bapak Kapolda. Posisi kita selaku Pengamanan adalah di luar area TPS. Pahami tugas sesuai aturan yang berlaku. Sekecil apapun yang anggota lakukan itu akan memengaruhi hasil akhir dalam pelaksanaan tugas PAM Pemilu ini. Dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pemilu, Anggota tidak diperbolehkan membawa Senpi dan hindari pelanggaran sekecil apapun," tandasnya.

Selanjutnya Pimpinan Apel menginformasikan hari Kamis, 15 Februari 2024 akan dilaksanakan apel konsolidasi sekaligus evaluasi kegiatan PAM Pemilu 2024.


Sementara itu, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati menjelaskan apel pergeseran pasukan  pengaman di tiap-tiap TPS pada hari ini dilakukan untuk disebar ke seluruh wilayah Kabupaten Dompu.

"Ini merupakan bentuk kesiapan akhir dari TNI-POLRI dalam menghadapi tugas penting  untuk pengamanan pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Dompu.
(emo).