TNI dan Petugas BTNT Kembali Laksanakan Patroli Gabungan

Kategori Berita

.

TNI dan Petugas BTNT Kembali Laksanakan Patroli Gabungan

Koran lensa pos
Minggu, 10 Desember 2023


Patroli gabungan di sekitas area Taman Nasional Tambora, Minggu (10/12/2023)


Patroli Gabungan bersama TNI dengan personel Balai Taman Nasional Tambora (BTNT) kembali digelar pada hari Minggu (10/12/2023).

Patgab tersebut merupakan hari kesepuluh. Lokasi yang disisir  
wilayah So Doro Bente Dusun De'a Desa Sori Tatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Timgab melakukan pengecekan lahan hak guna (hak pakai) dan kawasan tapal batas Taman Nasional Tambora (TNT).


Personel Patroli yakni beberapa anggota TNI dari Kodim 1614/Dompu dan Koramil 1614-05/Pekat yang dipimpin Serma Hidayat. Sedangkan dari Balai TNT dipimpin langsung Kepala BTNT Deni Rahadi ditambah dengan mitra dari warga masyarakat setempat.

Tim Patroli star dari Kantor Balai Taman Nasional Tambora  dengan menggunakan kendaraan khusus patroli guna menuju ke kawasan So Doro Bente untuk mengecek Tapal batas tutupan dengan lahan hak guna usaha.

Tiba di lokasi, Tim patroli mendapati warga masyarakat setempat yang sedang beraktivitas melakukan penyemprotan gulma menggunakan herbisida di lahan sekitar tapal batas Taman Nasional Tambora untuk dijadikan lahan perkebunan.

Tim Patroli mengingatkan kepada warga masyarakat tersebut agar tidak melakukan penyemprotan dengan jarak yang terlalu dekat dengan pagar pembatas karena akan dapat berdampak pada terganggunya pertumbuhan flora dan fauna di dalam area TNT.

"Penyemprotan setidaknya 100 meter jaraknya dari pagar pembatas TNT," imbau Serma Hidayat.

Diingatkan pula kepada masyarakat agar tidak menebang pohon di kawasan TNT.


Patroli bersama dengan Balai Taman Nasional Tambora di wilayah So Doro Bente Dusun De'a Desa Sori Tatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu tersebut untuk mencegah perambatan hutan yang dilakukan oleh masyarakat.

Tidak menutup kemungkinan akan terjadi secara masif  perambatan hutan dan kegiatan illegal logging yang dilakukan oleh warga masyarakat setempat apabila tidak dilakukan patroli secara rutin. (emo).