Seorang Pria Ditemukan Tak Bernyawa, Ini Keterangan Kapolsek Pekat

Kategori Berita

.

Seorang Pria Ditemukan Tak Bernyawa, Ini Keterangan Kapolsek Pekat

Koran lensa pos
Jumat, 15 Desember 2023

Proses evakuasi jasad korban dan sepeda motor yang dikendarainya di dalam selokan di Dusun Tanjung Pasir Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB, Selasa (12/12/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Seorang pria berusia 23 tahun ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di dalam selokan di Dusun Tanjung Pasir Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu pada hari Selasa pagi (12/12/2023) sekitar pukul 05.50 Wita.

Pemuda tersebut diketahui bernama Ardiansyah Setiawan, Umur beralamat di Dusun Montong Sari Desa Kadindi Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Mendapat informasi tersebut, Personel Polsek Pekat langsung terjun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) bersama Tim Medis dan pihak Pemerintah Kecamatan Pekat untuk memeriksa kondisi pria malang tersebut.

 Kapolsek Pekat, Iptu Rahmadun Siswadi, SH ketika dimintai keterangan membenarkan adanya penemuan mayat pemuda bernama Ardiansyah Setiawan itu.

Selanjutnya Kapolsek mengungkapkan kronologis terjadinya peristwa yang menyebabkan kematian pemuda itu berdasarkan keterangan saksi.

Seorang anak laki-laki (saksi I) pada pukul 05.50 wita mendatangi TKP hendak mandi. Saat tiba di TKP, bocah itu melihat ada seorang laki-laki dengan menggunakan sepeda motor terjatuh ke dalam selokan itu. Melihat hal tersebut, sang bocah langsung berteriak  meminta tolong kepada saksi II yang berada tidak jauh dari TKP.

Saksi II kemudian mendatangi saksi I yang sedang berdiri di atas selokan dan melihat ada seseorang laki-laki dengan menggunakan sepeda motor terjatuh ke dalam selokan. 

"Saksi II selanjutnya menghubungi anggota Polsek Pekat via Hand Phone untuk dilakukan pengecekan terhadap laki-laki yang berada di dalam selokan tersebut," ungkap Kapolsek.

Sekitar pukul 06.15 wita, Kapolsek Pekat dan anggota tiba di TKP dan melakukan olah TKP awal. Hasil olah TKP awal  dinyatakan pemuda tersebut sudah tidak bernyawa. Selanjutnya Kapolsek Pekat dan anggota mengevakuasi dan membawa mayat laki-laki tersebut ke Puskesmas Calabai guna dilakukan pemeriksaan secara medis.

Adapun hasil visum, korban mengalami luka robek di bagian alis, luka robek bibir bagian bawah, luka robek di bagian tulang selangkangan, pendarahan aktif di bagian hidung, luka memar di bagian paha kanan, dan luka lecet di bagian punggung.

"Sekitar pukul 08.30 wita, jasad korban dipulangkan ke rumah duka yang beralamat di Dusun Montong sari Desa Kadindi Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu menggunakan mobil ambulance PKM Calabai," kata Kapolsek.

Tak berhenti di situ, Kanit Reskrim Polsek Pekat dan Bhabinkamtibmas Desa Kadindi melakukan koordinasi dengan orang tua korban. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pekat, Kades Kadindi, dan para tokoh agama serta tokoh masyarakat Desa Kadindi. 

Dalam koordinasi tersebut Kanit Reskrim Polsek Pekat menyampaikan kronologis kejadian berdasarkan keterangan saksi dan olah TKP serta proses evakuasi.

"Terkait penyebab kematian korban, kami dari pihak Kepolisian mengambil kesimpulan bahwa almarhum meninggal dunia karena kecelakaan tunggal terjatuh bersama sepeda motornya ke dalam selokan di Dusun Tanjung Pasir. Namun demikian, bila pihak keluarga menghendaki bisa dilakukan autopsi. Pihak medis Puskesmas Calabai juga menyarankan begitu," tuturnya.

Namun dari pihak keluarga ikhlas menerima kejadian itu sebagai musibah dan tidak menghendaki untuk dilakukan autopsi. Surat pernyataan penolakan autposi kemudian ditandatangani oleh pihak keluarga korban. (aby).