Pimpin Patgab di Kawasan TNT, Serma Hidayat Imbau Masyarakat Tidak Merambah Hutan

Kategori Berita

.

Pimpin Patgab di Kawasan TNT, Serma Hidayat Imbau Masyarakat Tidak Merambah Hutan

Koran lensa pos
Kamis, 07 Desember 2023

Serma Hidayat dari Kodim 1614/Dompu yang memimpin Patroli Gabungan di kawasan Taman Nasional Tambora mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perambahan hutan


Dompu, koranlensapos.com - Guna menjaga kelestarian dan keseimbangan habitat hutan lindung, terutama di wilayah Taman Nasional Tambora (TNT), personel Kodim 1614/Dompu dan dari Koramil 1614-05/Pekat, turut serta dalam kegiatan Patroli Gabungan bersama dengan personel dari Balai Taman Nasional Tambora, Rabu (6/12/2023).


Pelibatan personel dalam kegiatan Patroli Gabungan ini terdiri dari anggota Kodim 1614/Dompu dua orang, Personil Koramil 05/Pekat ada tiga orang yang dipimpin oleh Serma Hidayat. Sedangkan personel dari Balai Taman Nasional Tambora ada empat orang yang dipimpin oleh Rizal Babil Yasyari Akbar dan dua orang warga masyarakat setempat sebagai mitra. Anggota patroli gabungan kali ini berjumlah sebelas orang.
 
Tim Patgab star dari Kantor Balai Taman Nasional Tambora dengan menggunakan kendaraan khusus patroli memasuki Kawasan So Doro Be'a yang berlokasi di Dusun Sori Mangge Desa Tatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Tim patroli menyusuri So Doro Be'a untuk mengecek tapal batas dan keadaan di sisi Taman Nasional Tambora. Alhasil Tim patroli yang dipimpin Serma Hidayat ini mendapati sebuah bangunan liar yang sengaja dibangun oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bangunan itu didirikan di atas tanah kawasan Taman Nasional Tambora dan akhirnya dibongkar.

Pada kesempatan tersebut Tim patroli mengimbau kepada warga masyarakat setempat untuk tidak melakukan perambahan hutan  di wilayah Taman Nasional Tambora.

"Apabila terdapat warga masyarakat yang melakukan perambatmhan hutan melewati pal batas Taman Nasional Tambora, akan diambil tindakan tegas sesuai peraturan dan Undang-undang yang berlaku. Demikian juga bagi warga yang masih melakukan aktivitas di dalam wilayah Taman Nasional Tambora seperti sengaja berburu dan menebang pohon agar ditiadakan lagi, demi kelestarian dan keseimbangan habitat hutan yang dilindungi oleh Negara, terutama di wilayah Taman Nasional Tambora (TNT) ini," tegas Serma Hidayat. (emo).