Penangkapan Terduga Bandar Narkoba Oleh Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Dompu Viral

Kategori Berita

.

Penangkapan Terduga Bandar Narkoba Oleh Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Dompu Viral

Koran lensa pos
Minggu, 17 Desember 2023
Salah satu potongan video saat terduga bandar narkoba ZL melarikan diri lewat sungai

Dompu, koranlensapos.com - Detik-detik penangkapan terhadap terduga bandar narkoba berinisial ZL oleh Tim Opsnal Satuan Resor Narkoba Polres Dompu pada hari Rabu sore (13/12/2023) pukul 16.50 Wita sempat viral.

Pasalnya terduga ZL mencoba hendak kabur saat penangkapan yang dipimpin langsung oleh Kasat Resnarkoba IPTU Muh. Sofyan Hidayat itu. Ia sempat melarikan diri lewat sungai. Saat ia melarikan diri lewat sungai itu sempat direkam oleh seseorang melalui video berdurasi pendek (sekitar 20 detik). Video itu diposting di media sosial sehingga dibagikan berkali-kali oleh para netizen.

Kasat Resnarkoba Polres Dompu, IPTU Muh. Sofyan Hidayat, S. Sos yang dikonfirmasi koranlensapos.com membenarkan hal tersebut. Dikatakannya tersangka ZL sudah menjadi target untuk diringkus. Namun masih mencari saat yang tepat.

Saat yang tepat itu pun tiba. Sekitar 1 jam sebelum penggerebekan, tepatnya pada hari Rabu (13/12/2023) sekitar pukul 15.40 wita anggota Opsnal Sat Resnarkoba Polres Dompu mendapat informasi dari masyarakat bahwa di salah satu rumah warga bernama ZL di Kecamatan Dompu sering dijumpai puluhan orang melakukan transaksi narkotika jenis sabu.

Tanpa berlama-lama, anggota unit Opsnal Sat Resnarkoba Polres Dompu yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba IPTU Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos langsung meluncur menuju rumah dimaksud. 

Pada pukul 16.50 wita, Tim opsnal melihat beberapa orang berada di sekitaran rumah ZL yang diduga akan bertransaksi Narkotika jenis sabu sabu. 

Tim Opsnal langsung mengamankan beberapa orang tersebut. Ketiganya berinisial IR, AR dan TA yang sedang berada di depan rumah orang tua terduga. 

Selanjutnya tim menyisiri sekitaran rumah dan terdengar suara orang yang hendak akan melarikan diri dari dalam rumah. Tim langsung sigap melakukan pengejaran terhadap seseorang tersebut yang tidak lain adalah terduga ZL alias Izul. ZL sempat berusaha melarikan diri lewat sungai yang tidak jauh namun upayanya gagal. Ia berhasil dibekuk oleh anggota Opsnal Sat Resnarkoba yang terus mengubernya.

Selanjutnya ZL kembali dibawa ke rumah orang tuanya untuk dilakukan penggeledahan bersama beberapa orang lainnya yang diamankan. Sebelum melakukan penggeledahan, tim  memanggil saksi umum untuk menyaksikan proses penggeledahan tersebut.

Dari hasil penggeledahan tim berhasil mengamankan barang bukti berupa: 
-1 (Satu) buah bungkus Kotak rokok Surya 12 yang didalamnya terdapat 2 (Dua) plastik klip yang berisi kristal bening yang diduga Narkotika jenis sabu sabu.
- 2 (dua) gulung plastik klip yang berisi kristal bening yang diduga narkotika jenis sabu sabu ditemukan di pada hard case HP.
- 4 (empat) butir obat-obatan yang diduga jenis Tramadol.
- 1 (Satu) buah bundel plastik klip transparan.
- 2 (Dua) buah korek api.
- 3 (Tiga) buah Sekop
- 1 (Satu) buah bong lengkap dengan pipet bentuk L dan tabung kaca.
- 15 (Lima belas) lembar bukti transfer Bank BRI
- 5 (Lima) Unit Hp yang di antaranya: 1 (Satu) buah Unit Hp merk Vivo warna biru,
1 (Satu) buah Unit Hp merk Oppo warna putih, 1 (Satu) buah Unit Hp merk Samsung warna hitam, 1 (Satu) buah Unit Hp merk Oppo warna hitam dan 1 (Satu) buah Unit Hp merk Hp Nokia kecil berwarna hitam.
- Uang Tunai sebesar Rp. 405.000 (Empat Ratus Lima Ribu Rupiah).

Berat BB : 
1. Di dalam kotak rokok : 
- Brutto :  1,65 Gram
2. Ditemukan di hard case HP :
- Brutto : 0,88 Gram 
Total Brutto : *2.53 Gram*


Selesai melakukan penangkapan dan penggeledahan Tim langsung mengamankan keempat terduga dan barang bukti ke Mako Polres Dompu untuk diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Inilah identitas keempat terduga yang berhasil diamankan Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Dompu:

1. ZL (35), Pekerjaan : Wiraswasta, Alamat : Lingkungan Karijawa, Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu.

2. TA (17), Pekerjaan: pelajar, Alamat : Lingkungan Jado, Kelurahan Dorotangga, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu.

3. AR (36), Pekerjaan : Swasta, Alamat : Lingkungan Dorotoi, Kelurahan Dorotangga, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu.

4. IR (17), Pekerjaan : Swasta, Alamat : Lingkungan Bada, Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Penangkapan terduga bandar narkoba oleh Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Dompu ini mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak yang sudah sangat resah dengan masifnya peredaran barang haram tersebut di daerah berjuluk Bumi Nggahi Rawi Pahu itu. (emo).