Patut Diapresiasi, Kodim 1614/Dompu Bersinergi Laksanakan Karya Bakti Pembersihan Massal dan Pengobatan Gratis

Kategori Berita

.

Patut Diapresiasi, Kodim 1614/Dompu Bersinergi Laksanakan Karya Bakti Pembersihan Massal dan Pengobatan Gratis

Koran lensa pos
Sabtu, 09 Desember 2023

Kegiatan karya bakti pembersihan massal dan pengobatan gratis oleh Kodim 1614/Dompu bersinergi dengan instansi terkait, Jumat (8/12/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Akibat intensitas curah hujan konvektif yang rutin dan selalu melanda di wilayah Kabupaten Dompu sepekan ini sehingga mengakibatkan kondisi pasar terlihat kumuh.

Oleh karena itu Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, berinisiatif dan menyarankan ke Pemerintah Kabupaten Dompu dan Polres serta pihak terkait untuk melaksanakan Karya Bhakti pembersihan di Areal Sentral "Pasar Dompu" dan sekitarnya yang berlokasi sekitar satu kilo meter dari Kantor Kabupaten Kota Dompu.

Pelaksanaan karya bakti ini sesuai Motto Satuan Komando Atas (Korem 162/ Wira Bhakti) yakni "Mencintai, Dicintai dan Dibanggakan Rakyat". 

Sebagai bentuk nyata dan merealisasikan serta mengindahkan sekaligus yang terpenting untuk Kenyamanan dan kesejahteraan rakyat,
Komandan Kodim 1614/Dompu mengerahkan Personelnya untuk melaksanakan pembersihan pada area Pasar Dompu Jumat (8/12/2023) mulai pukul 07.00 Wita.


Dalam pelaksanaan kegiatan Karya Bhakti ini, atas perintah lisan dari Dandim 1614/Dompu, Danramil 1614-01/Dompu, Kapten Kav M Kasim beserta seluruh anggota personil Babinsanya termasuk sejumlah Babinsa-babinsa dari Koramil lainnya diturunkan ke titik lokasi yang disasar.

Hadir pula bantuan dari anggota Polres Dompu, Brimob, Senkom, dan Tim Kesehatan untuk bergabung dalam kegiatan pembersihan dan Pengobatan gratis ini.

Tidak ketinggalan pula, kunjungan dan peninjauan langsung dari Rombongan Dandim 1614/ Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, Kapolres Dompu, AKBP Zulkarnain S, I.K, Kajari Dr. Marlombson Carel Wiliams, SH., MH dan sejumlah pimpinan instansi terkait.

Kegiatan Karya Bhakti pembersihan ini meliputi. Area Pasar, Jalan dan Sungai yang dilaksanakan bersama-sama oleh Anggota Kodim 1614/Dompu, Polres Dompu, Kejari Dompu bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dan sejumlah instansi terkait, dipimpin langsung oleh  Dandim 1614/Dompu.

Hadir dalam kegiatan tersebut seperti. Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M., Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.IK., Kajari Dompu Marlombson Carel Wiliams SH. MH., Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav M Kasim, Seluruh Jajaran Perwira Staf Kodim 1614/Dompu., Danki 2 Yon C Brimob Iptu M Jasuli R S.H. Tidak ketinggalan pula sejumlah Ibu-ibu Persit KCK dari Kodim 1614/Dompu turut berpartisipasi.

Sebelum kegiatan dimulai, Danramil 1614-01/Dompu, membagi area pembersihan dan langsung melaksanakan pembersihan sampah seputaran pasar, jalan dan sungai di sekitar pasar.

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T, M.M. bersama Kapolres Dompu dan Kejari Dompu meninjau Pengobatan Gratis terhadap Masyarakat yang berada di seputaran Pasar Dompu.

Disela kegiatan Karya Bhakti pembersihan dan Pengobatan Gratis tersebut, Komandan Kodim 1614/Dompu memberikan semangat kepada semua anggota.

"Kegiatan Karya Bakti yang kita laksanakan hari ini mendapat apresiasi dan respons positif dari Pemerintah serta masyarakat. Dalam karya bakti ini dilakukan pembersihan bantaran sungai dari berbagai pohon yang tidak sesuai dengan peruntukannya serta sampah dan rerumputan liar yang mengganggu aliran sungai. Dengan harapan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya juga untuk meningkatkan kepedulian warga terhadap lingkungan serta salah satu upaya dalam rangka meminimalisir terjadinya bahaya banjir," ucap Dandim.

Dijekaskan Dandim, melalui kegiatan karya bhakti bersama ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk terus merawat dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Terutama agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya di sungai, buanglah sampah pada tempatnya," tandas Dandim.

Dandim mengemukakan 
pengobatan gratis yang dilakukan oleh Kodim 1614/Dompu ini juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di sekitar dan memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma (gratis). 

"Pelayanan ini diperuntukkan bagi semua lapisan masyarakat," tuturnya.


Ditegaskan Dandim, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah bentuk nyata kepedulian dan tanggap terhadap persoalan lingkungan.

"Mari kita sama-sama melaksanakan kegiatan pembersihan dan tugas mulia ini dengan senang hati semoga menjadi ladang amal bagi kita semua di hari Jumat yang B
barokah ini," pungkas Dandim. (emo).