Luar Biasa, Babinsa Desa Bakajaya Turun ke Sawah Bantu Petani Tanam Padi

Kategori Berita

.

Luar Biasa, Babinsa Desa Bakajaya Turun ke Sawah Bantu Petani Tanam Padi

Koran lensa pos
Senin, 11 Desember 2023

Babinsa Bakajaya, Serka Isyra membantu warga binaan menanam padi (mura fare)


Dompu, koranlensapos.com - Kepedulian Babinsa Desa Bakajaya Koramil 1614-01/Dompu, Serka Isyra patut dicontoh. Masih dengan seragam dinasnya ia rela berlepotan lumpur sawah untuk membantu petani warga binaannya menanam padi (mura fare).

Perbuatan mulia ini dilakukan Babinsa pada hari Sabtu (9/12/2023) di So Bolo Barat Desa Bakajaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. So adalah sebutan masyarakat setempat untuk satu hamparan persawahan yang luas.


Para ibu yang melakukan mura fare (penanaman padi) bersamanya tersenyum gembira melihat kehadiran sang Babinsa kebanggaan mereka yang turun langsung ke sawah dengan bergelimang lumpur. Mereka juga tertawa melihat Babinsa yang masih dengan menggunakan seragam loreng dan Ban Babinsanya. Karena umumnya pekerjaan semacam itu cukup dengan mengenakan pakaian kusam dan dekil sebab bergelimang dengan lumpur. 

Meski demikian, kedatangan Babinsa membantu mereka sangat menggembirakab hati. Selain meringankan pekerjaan, juga memberikan motivasi dan hiburan tersendiri.

Teriknya sinar matahari di atas kepala dan kaki yang dipenuhi lumpur tidak menyurutkan semangat Babinsa Serka Isyra untuk membantu petani yang menjadi warga binaannya itu. Apalagi melihat hasil kerjanya, kelelahan tiada dirasakan.

"Semoga padi yang baru kita tanam ini tumbuh subur dan membuahkan hasil yang maksimal," harap Babinsa.

Dalam suasana santai usai menaman padi Babinsa mengingatkan kepada para petani agar membiasakan mengonsumsi air putih yang banyak.

"Untuk aktivitas seperti ini harus banyak minum air putih karena keringat banyak yang keluar, agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh," pesannya.

Babinsa pun menambahkan agar petani rutin mengontrol padinya untuk memonitor perkembangan dan pertumbuhannya.

"Perhatikan betul-betul jadwal pemupukannya sesuai usia tanaman, termasuk dosis dan takaran pupuk dan obat-obatan harus tepat sesuai kebutuhan," ujarnya.

Sang petani berterima kasih kepada Babinsa yang sudah berkenan membantu  menanam padi.

"Terima kasih pak Babinsa yang sudah membantu kami menanam padi sampai kotor karena lumpur sawah," ucap petani tersebut. (emo).