Anggota Koramil Pekat Dampingi Tim Surveyor Re-Akreditasi Puskesmas

Kategori Berita

.

Anggota Koramil Pekat Dampingi Tim Surveyor Re-Akreditasi Puskesmas

Koran lensa pos
Selasa, 12 Desember 2023

Tim Surveyor Kemenkes RI melakukan re-akreditasi dan akreditasi perdana Puskesmas Calabai I dan II, Senin (11/12/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Tim Surveyor dari Kementerian Kesehatan RI yakni Tuti Herawati, SKM., M.Kes (Ketua Tim) dan dr Eni Andriana (anggota) hadir di Kecamatan Pekat, Senin (11/12/2023). 

Kehadiran Tim Surveyor 
untuk melakukan kegiatan Re-Akreditasi Puskesmas Calabai I sekaligus Akreditasi Perdana Puskesmas Calabai II yang berlokasi di Desa Nangakara Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.


Kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Camat Pekat Kabupaten Dompu. Sedangkan kegiatan penilaiannya dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan tanggal 13 Desember 2023.

Hadir mendampingi Tim Surveyor Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman S.KM., M.Kes, Ketua DPRD Kabupaten Dompu H Andi Bachtiar, A.Md. Par, Camat Pekat Ibu Nuraini, S.Pd, Anggota Koramil 1614-05/Pekat Pelda Irwan bersama Babinsa Desa Calabai Serka Ilham, Kapolsek Pekat Iptu Rahmadun Siswadi, S.H, Kepala UPTD Puskesmas Calabai I dan Kepala UPTD Puskesmas Calabai II  Nangakara, Kepala Desa se Kecamatan Pekat, dan Seluruh Pegawai PKM Calabai I dan PKM Calabai II Nangakara.

Rangkaian kegiatan diawali  Pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Saudari Suci Aryanti, S.Kep. Ners. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua DPRD H Andi Bachtiar, A. Md., Par.

"Ucapan selamat datang kepada Tim Surveyor di Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu dan kami dengan Kepala Dinas Kesehatan selalu membangun komunikasi yang baik terkait jaminan kesehatan (Jamkes) di Kabupaten Dompu ini," ucapnya.

Bahwa dalam perjalanannya Kecamatan Pekat ini lahir dari Kecamatan Kempo. 
Untuk diketahui pula bahwa di Kecamatan Pekat ini hanya ada 1 (satu) Puskesmas tetapi seiring dengan berjalannya waktu sekarang telah terdapat 2 (Dua) Puskesmas yaitu Puskesmas Calabai I dan Kepala UPTD Puskesmas Calabai II  Nangakara.

Terkait Kesehatan saat ini kami selalu membangun komunikasi yang baik bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu guna mendatangkan Dokter dengan menyediakan fasilitas dan gaji yang menjanjikan agar ini menjadi memotivasi para Dokter dari luar daerah agar berkenan datang ke Kabupaten Dompu ini.

Sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Tim Surveyor dan semoga Puskesmas Calabai I dan Puskemas Calabai II Nangakara mendapatkan nilai yang terbaik sesuai yang di harapkan bersama.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Bapak Maman, S.KM., M.Kes.
Sebagaimana tujuan pembangunan Kesehatan melalui Mentri Kesehatan adalah tergabung dalam program Indonesia sehat. Sehingga dengan harapan bisa meningkatkan mutu pelayanan baik perorangan maupun mutu pelayanan terhadap Masyarakat dan harus betul-betul ditegakkan dan dijalankan dalam tugas sehari-hari.

Tim Surveyor ini datang bertujuan untuk memotret bagaimana Puskesmas yang ada di Kecamatan Pekat ini memberikan Pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Pekat yang lebih baik lagi ketimbang sebelum-sebelumnya.

Terimakasih kepada Bapak dan Ibu yang telah berkesempatan hadir pada Kegiatan ini.

Sambutan ketua Tim Surveyor, Ibu Tuti Herawati, SKM., M.Kes .
Kami datang kesini bukan keinginan sendiri akan tetapi ditugaskan oleh Mentri Kesehatan, untuk melihat dan menilai secara langsung bagaimana aplikasi pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas Calabai dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat pada pelaksanaan tugasnya sehari-hari.

Akreditasi ini bukan sebagai tujuan utama dalam arti jika nanti setelah selesai kegiatan Akreditasi ini Puskesmas nya kembali buruk, tidak bersih dan sebagainya itu semua tidak dibenarkan.

Jadi tujuan kami memberikan penilaian maupun evaluasi kepada Puskemas Calabai ini yaitu bagaimana dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kecamatan Pekat dan kami harapkan kepada Stakeholder yang ada di Kecamatan Pekat ini dapat membantu memberikan penilaian dan evaluasi kepada pihak Puskesmas dalam bentuk pelayanan nya dan Saya harapkan pula selama kegiatan Akreditasi ini berlangsung semoga berjalan dengan lancar dan sukses, "Harapnya".

Kegiatan penilaian Re-akreditasi UPTD Puskesmas Calabai I dan Akreditasi perdana Puskesmas Calabai II Nangakra ini merupakan bentuk pengawasan pemerintah pusat secara langsung melalui Kemenkes agar dapat membantu mendorong motivasi petugas kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Selalu melakukan koordinasi dengan instansi terkait monitoring perkembangan situasi guna terciptanya situasi yang tetap aman dan kondusif diwilayah Kecamatan Pekat.

Terakhir Pembacaan Doa yang di bacakan oleh Drs Rusli H Ahyar, Kepala KUA Kecamatan Pekat sebagai penutup.