Milad ke 32 Plus Reuni Alumni MAN Dompu Meriah

Kategori Berita

.

Milad ke 32 Plus Reuni Alumni MAN Dompu Meriah

Koran lensa pos
Minggu, 12 November 2023
Milad ke 32 dan Reuni Alumni MAN Dompu, Sabtu (11/11/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Dompu, Sabtu (11/11/2023)
menggelar milad ke 32 dengan tema "Madrasahku Hebat, Madrasahku Unggul". Kegiatan itu dirangkaikan dengan reuni para alumni.


Perhelatan milad plus reuni tersebut cukup meriah dan semarak. Dihadiri sekitar lebih dari seribu peserta yang berasal dari 32 angkatan. Mulai dari Angkatan pertama tahun 1991 sampai angkatan tahun 2023. Setiap angkatan hadir dengan kostum yang berbeda-beda. Kehadiran para alumni ini sebagai bentuk kecintaan terhadap madrasah yang telah mendidik mereka. 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala MAN Dompu, Hj. Siti Hafsah yang disemarakkan pula dengan kehadiran seluruh guru dan Tata Usaha serta siswa-siswi mulai dari kelas X hingga kelas XII. Bukan hanya itu, para alumni angkatan 1989 dan 1990 pun turut meramaikan kegiatan tersebut. 

Untuk diketahui MAN Dompu berdiri sendiri sebagai madrasah negeri mulai tahun 1991 dan memiliki gedung baru di lokasi yang ditempati saat ini. Sebelum itu merupakan madrasah yang berstatus Filial (Cabang) dari MAN Bima. Saat itu kegiatan pembelajaran bergandengan dengan SMA Arrahmah yang berada di bawah naungan Yayasan Arrahmah milik tokoh dan ulama kharismatik KH. Salman Faris.

Kegiatan reuni diawali dengan jalan sehat yang dilepas oleh Kamad Hj. Siti Hafsah. Titik star dari halaman MAN Dompu di Kelurahan Kandai Dua menuju arah Puskesmas Dompu Barat di Kelurahan Montabaru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Selanjutnya seluruh peserta balik kanan kembali lagi menuju MAN Dompu sebagai titik finis.

Ketua Panitia, Abdul Basir mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan reuni ini. Di luar dugaan pesertanya membludhak padahal penyampaian informasi hanya dilakukan melalui media sosial.

"Saya selaku ketua panitia merasa sangat bangga dengan tingkat kehadiran antusiasme para alumni yang luar biasa di milad MAN Dompu ke 32 ini," ucap Wakamad yang juga merupakan alumni Angkatan 94 itu.

Dikatakannya, pelaksanaan reuni di Milad Madrasah ke 32 ini menjadi ajang silaturahmi bagi para alumni. Mereka bisa bertemu kembali dengan para guru yang masih ada maupun dengan sesama alumni.

"Melalui kegiatan reuni ini juga para alumni bisa memberikan kontribusi dalam berbagai bentuk untuk madrasah ini, termasuk usul saran yang membangun dalam rangka memajukan madrasah ini," ucapnya.

Abdul Basir juga berharap ke depan ada kegiatan reuni akbar yang diinisiasi oleh para alumni sendiri. 

"Bisa diawali dengan pembentukan kepengurusan ikatan alumni," harapnya.

Kamad Hj. Siti Hafsah dalam sambutannya mengaku sangat terharu dengan antusiasme dan kesemangatan para alumni yang menghadiri reuni tersebut.

"Saya tidak menyangka pesertanya sampai sebanyak ini padahal seperti yang disampaikan pak ketua panitia tadi informasi hanya disampaikan lewat medsos. Ini luar biasa. Saya sangat terharu," akunya.

Lebih lanjut Kamad mengungkapkan bahwa MAN Dompu terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya. Tema yang diangkat dalam milad di usia ke 32 ini adalah "Madrasahku Hebat, Madrasahku Unggul".

"Saya berharap para alumni titipkan anak-anaknya untuk dididik di madrasah ini," harapnya.

Memungkasi sambutannya, Hj. Siti Hafsah berpesan kepada seluruh alumni untuk tetap menjaga nama baik MAN Dompu.

"Jaga nama baik madrasah ini," pintanya.

Dosen STKIP YAPIS Dompu Jamaah Yakub, alumni Angkatan 94 dalam kesan dan pesannya mengaku bangga bisa menempuh pendidikan di MAN Dompu. Pendidikan di madrasah tersebut telah menempa dirinya menjadi pribadi yang kuat menghadapi berbagai gelombang kehidupan. Bimbingan dan dorongan dari para gurunya membuat ia bermental baja.

Jamaah Yakub yang mengaku anak desa dari Kecamatan Hu'u ini bermodal nekat dalam menggapai impiannya hingga akhirnya bisa meraih gelar kesarjanaan Strata Satu dan Strata Dua (Magister). Semua itu tidak terlepas dari motivasi yang selalu didengungkan oleh para gurunya.

Mantan Ketua OSIS tahun 1993 ini kemudian menyampaikan bahwa madrasah mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki sekolah lain. 

"Pelajaran yang dimiliki sekolah lain ada di sini (madrasah). Sedangkan pelajaran yang dipelajari di sini tidak ada di sekolah umum," sebutnya.

Acara milad dan reuni tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan hiburan-hiburan yang positif dari para alumni. Yang tidak kalah hebohnya pengundian doorprize dengan hadiah-hadiah yang menarik. (emo).