Lantik Tiga PPTP, Bupati Kader Jaelani Sampaikan 3 Hal Ini

Kategori Berita

.

Lantik Tiga PPTP, Bupati Kader Jaelani Sampaikan 3 Hal Ini

Koran lensa pos
Senin, 02 Oktober 2023

 

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dalam sambutannya usai melantik dan mengambil tiga Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemda Dompu di Aula Pendopo Bupati Dompu, Senin (2/10/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Bupati Dompu, H. Kader Jaelani melantik dan mengambil sumpah 3 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) Lingkup Pemda Dompu.

Ketiga pejabat dimaksud yakni Miftahul Suadah, ST, Arif Hidayatullah, SE dan Muhammad Abduh, SE.

Miftahul Suadah dilantik menjadi Staf Ahli Bupati Dompu Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Sebelumnya Suad menempati jabatan lama sebagai Kabag Administrasi Pembangunan Setda Dompu.

Arif Hidayatullah menempati jabatan lama sebagai Kabag Keuangan DPRD Kabupaten Dompu. Arif dilantik dalam jabatan baru sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Dompu.


Sedangkan Muhammad Abduh dilantik sebagai Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu. Sebelumnya Abduh menduduki jabatan lama sebagai Sekretaris di dinas yang sama.

Usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap ketiga pejabat eselon dua tersebut, Bupati Kader Jaelani menekankan 3 hal.

Pertama, Bupati AKJ meminta ketiga pejabat tersebut agar tetap rendah hati dalam menjalankan tugas yang diemban.

"Tetap rendah hati dalam menjalankan amanah. Melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi tinggi hati," pesannya.


Kedua, Bupati mengingatkan agar tetap mengedepankan sikap loyalitas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 

"Loyalitas dalam menjalankan amanah. Aparatur Sipil Negara harus tetap loyal dan tegak lurus dalam menjalankan setiap kebijakan," pintanya.

Ketiga, Bupati mengingatkan agar bersedia menerima dengan lapang dada segala kritik yang membangun maupun yang memojokkan. Bahkan supaya memperbanyak diam daripada mengumbar aib orang lain.

"Ketiga kesediaan menerima lapang dada aneka kritik yang membangun dan memojokan. diam jauh lebih elegan dari pada sibuk menghakimi dan mengumbar kesalahan orang lain, kemudian tidak lupa untuk bercermin," wejangnya.

Selanjutnya Bupati menyampaikan
sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 hak PNS yakni mendapatkan gaji, tunjangan, cuti, pengembangan kompetensi, perlindungan, jaminan pensiun dan hari tua.

Selain mendapatkan hak, seorang PNS juga diharuskan memenuhi kewajiban di antaranya melaksanakan kewajiban yang dirumuskan pejabat pemerintah, mentaati ketentuan peraturan perundang-undangan dan menunjukkan integritas dan keteladanan sikap, perilaku serta tindakan. 


"Dari kewajiban yang sudah disebutkan, saya ingatkan dan tegaskan kepada para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang baru dilantik, agar tidak berbuat suatu pekerjaan yang menyalahi ketentuan. Bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bekerjalah sesuai dengan kewenangan, tidak memutuskan masalah yang bukan kewenangannya, dan pergunakan fasilitas sesuai dengan pangkat dan jabatan," harapnya.

Dikemukakan Bupati, pelantikan dengan penghayatan yang menyentuh nurani dan kesungguhan akan membentuk pribadi yang sadar akan amanah dan tanggung jawab sehingga hampir tidak ada celah untuk berbuat ingkar terhadap ikrar yang telah diucapkan.

 Di akhir sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan selamat bertugas di tempat yang baru. 

"Jadilah team work yang tangguh dan kompak serta dapat menyelesaikan kerja dengan penuh tanggung jawab demi mewujudkan visi Dompu MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul Dan Religius)," pungkasnya. (emo).