Wisuda 169 Sarjana Angkatan IX, Ketua YAPIS Dompu Sampaikan Ini

Kategori Berita

.

Wisuda 169 Sarjana Angkatan IX, Ketua YAPIS Dompu Sampaikan Ini

Koran lensa pos
Kamis, 14 September 2023
Nadirah, SE,. Akt



Dompu, koranlensapos.com - Ketua Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Dompu, Arman Manan, SE  berkesempatan menyampaikan sambutan pada acara wisuda sarjana Strata Satu (S1) Angkatan IX STKIP YAPIS Dompu. 

Ketua YAPIS Dompu dalam sambutannya diwakili sang istri, Nadirah Al Habsyi, SE, Akt (Anggota DPRD Kabupaten Dompu) memohon kepada seluruh hadirin mendoakan untuk sang pendiri Yapis Dompu yakni almarhum H. Anwar Manan semoga dilapangkan kuburnya oleh Allah SWT dan diampuni segala kesalahannya selama masa hidupnya.

Selanjutnya Nadirah menyampaikan 
Yayasan Pendidikan Islam Dompu secara terus menerus berusaha untuk menjalankan misi sosial dan pendidikannya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era persaingan global.

"Hal ini kami wujudkan dalam Program Beasiswa, di antaranya beasiswa KIP Kemendikbud, Beasiswa Provinsi NTB, beasiswa yatim piatu, beasiswa miskin berprestasi, serta beasiswa hafiz Qur’an," jelasnya.

Dikatakannya, ke depan Yapis Dompu tentu berkeinginan untuk terus dapat melaksanakan misi atau program ini dengan jumlah yang lebih besar secara kualitas maupun kuantitas dan dengan cakupan yang lebih luas lagi.

"Sehingga dapat membantu harapan para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun tetap bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, 
sebagai yayasan yang menyelenggarakan STKIP Yapis Dompu, pihaknya sangat menyadari bahwa mutu akademik hanya bisa dicapai apabila terus mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan. 

"Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk terus mengupayakan pengembangan dan penyempurnaan fasilitas belajar agar mampu tercipta atmosfir akademik yang kondusif, sehingga pada gilirannya akan mampu mencetak alumni yang siap bekerja di bidang masing-masing," paparnya.

Adapun sarpras yang telah diwujudkan di antaranya.STKIP Yapis Dompu telah memiliki lapangan futsal berstandar nasional, serta dalam proses pembangunan gedung lantai 3, dengan kontruksi baja berat.

"Selain fasilitas, dukungan sumber daya manusia tenaga pengajar) dengan kualifikasi yang memadai juga merupakan prasyarat bagi terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas," ulasnya.

Terkait hal itu, pihanya terus memberikan peluang kepada setiap dosen untuk meningkatkan kapasitas keilmuannya melalui pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ini terdapat 2 orang dosen tetap Yayasan yang bergelar Doktor, dan ada 1 orang dosen tetap Yayasan yang sedang menempuh pendidikan Doktoralnya (S3). 

"Jadi dalam waktu dekat Yayasan akan memiliki 3 orang dosen tetap bergelar Doktor dan jumlah ini diharapkan terus bertambah seiring berjalannya waktu," sebutnya.


Menyikapi harapan masyarakat terhadap perguruan tinggi swasta, pihak yayasan berharap STKIP Yapis Dompu secara konsisten terus meningkatkan kualitas tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat). 

"Peran STKIP Yapis Dompu tidak hanya memberikan proses pembelajaran kepada peserta didik saja akan tetapi saya berharap STKIP Yapis Dompu sebagai perguruan tinggi swasta di Kabupaten Dompu, semakin dipercaya masyarakat, dengan menjalankan proses belajar mengajar sesuai dengan visi dan misinya,. Tidak hanya sesuai dengan sasaran mutunya saja akan tetapi harus dapat menunjukkan karya baktinya yang bisa dirasakan sesuai tuntutan dan kebutuhan yang berkembang di masyarakat," urainya. 

Selain itu, lanjutnya pelayanan yang baik kepada mahasiswa serta ide-ide dan inovasi baru dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi tentunya menjadi kata kunci agar kbisa terus berkiprah di dunia pendidikan tinggi ini.

Mwmungkasi sambutannya, Nadirah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga, orang tua/wali atas kepercayaannya menitipkan putra putri terbaiknya untuk menimba ilmu di STKIP Yapis Dompu  Ucapan terima kasih pula kepada seluruh stake holder diantaranya pemerintah pusat/kementerian, pemerintah provinsi NTB/ Brida NTB (Badan Riset dan Inovasi Daerah), Pemda Kabupaten Dompu, serta BUMN yang selalu mendukung kelancaran program, visi dan misi STKIP Yapis Dompu.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk serta kekuatan kepada kita semua dalam upaya mencerdaskan anak-anak bangsa dengan berkarya, dan membangun bidang pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan mandiri yang siap berkompetisi di era global," tutupnya. (emo).