Ketua STKIP YAPIS Dompu Sebut Wisuda Tahun 2023 Istimewa

Kategori Berita

.

Ketua STKIP YAPIS Dompu Sebut Wisuda Tahun 2023 Istimewa

Koran lensa pos
Kamis, 14 September 2023
Penyerahan Sertifikat Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT oleh Ketua LLDKIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi kepada Ketua STKIP YAPIS Dompu, Dr. Dodo Kurniawan disaksikan oleh Wabup H. Syahrul Parsan, ST., MT di sela-sela acara seremonial wisuda 169 sarjana di Paruga Samakai Dompu, Rabu (13/9/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) YAPIS Dompu, Dr. Dodo Kurniawan, ME menyebut wisuda tahun 2023 ini merupakan wisuda yang istimewa bagi kampus STKIP YAPIS Dompu. 

"Wisuda tahun 2023 ini merupakan wisuda yang istemewa bagi kampus STKIP YAPIS Dompu," ungkapnya pada acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka wisuda 169 sarjana Strata Satu yang digelar di Paruga Samakai Dompu, Rabu (13/9/2023).


Dr. Dodo menyebut keistimewaan itu karena ada 9 poin yang telah berhasil dilalui dan diperoleh kampus yang berlokasi di Desa Sorisakolo Kecamatan Dompu itu.

Pertama, Kampus STKIP YAPIS Dompu telah mendapatkan Akreditasi Institusi dengan Status Akreditasi BAIK SEKALI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) RI. Status ini menempatkan kampus tersebut setara dengan Universitas Mataram (Unram) dan Universitas Teknologi Surabaya (UTS). 

Akreditasi Baik Sekali itu diberikan pada 29 Agustus 2023. Sedangkan Sertifikat akreditasi ini langsung diserahkan Kepala LLDikti Wilayah VIII Bali Nusra, Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi kepada Ketua STKIP Yapis Dompu, Dr Dodo Kurniawan dalam acara wisuda sarjana di Paruga Samakai, Rabu (13/9/2023).

Kedua, Dari 4,492 Kampus se Indonesia. Kampus STKIP YAPIS Dompu berhasil meraih Klaster Kampus Madya dan berada pada posisi 400 kampus terbaik di Indonesia;

Ketiga, sebanyak 16 orang Mahasiswa Kampus STKIP YAPIS Dompu lolos Program Kampus Mengajar tahun 2023;

Keempat, sebanyak 13 orang Mahasiswa Kampus STKIP YAPIS Dompu lolos Program Pertukaran Mahasiswa tahun 2023. Salah satunya ditempatkan di UGM;

Kelima, sebanyak 12 orang mahasiswa meraih Medali dalam Ajang Pekan Olah Raga Provinsi (POR-Prov) NTB Tahun 2023;


Keenam, sebanyak 9 orang Dosen Kampus STKIP YAPIS Dompu Meraih Kompetisi Hibah Peneltian, Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) dengan Total 10 Hibah ( 5, PDP, 4 Pkm, 1 PDK).


Ketujuh, Sebanyak 8 orang Dosen Lolos Sertifikasi Dosen Profesional. 
Dengan demikian total Dosen Kampus STKIP YAPIS Dompu yang telah mendapatkan Sertifkat Dosen Profesional berjumlah 30 orang dari Total Dosen tetap 45 orang.

Kedelapan, Telah Memiliki Lapangan Futsal Berstandar Nasional; dan

Kesembilan, pembangunan gedung lantai 3, dengan kontsruksi baja berat.

Dikemukakannya, untuk mencapai Visi Kampus STKIP YAPIS Dompu sebagai “Perguruan Tinggi Keguruan yang Unggul, Berwawasan Islam dan Berdaya Saing Nasional tahun 2027”, disadari dengan sungguh-sungguh bahwa keterlibatan berbagai pihak sangatlah diperlukan. 

Secara khusus, Kampus STKIP YAPIS Dompu menyakini bahwa peran alumni yang telah dan akan berkiprah di lingkungan pemerintahan, sektor swasta, serta di kehidupan masyarakat lainnya dalam bahu membahu bersama seluruh civitas akademika STKIP YAPIS Dompu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah hal yang sangat penting.


Kemajuan kampus STKIP YAPIS Dompu bukanlah semata-mata hasil dari upaya sivitas akademikanya saja, melainkan juga karena peran besar para Alumnusnya. 

"Keberhasilan dan prestasi alumni inilah yang juga kami yakini menjadikan kampus STKIP YAPIS Dompu sebagai tujuan untuk menimba ilmu bagi masyarakat luas," ucapnya.



Dijelaskannya alumni merupakan representasi Kampus STKIP YAPIS Dompu di Masyarakat. Karena itu sikap dan kepribadian para alumni di tengah masyarakat menjadi cerminan kampus  STKIP YAPIS Dompu. 

"Oleh karena itu, saya berpesan agar saudara-saudara ikut menjaga nama baik almamater dengan selalu berpikir, berkata dan berbuat yang baik. Kami mengharapkan saudara-saudara dapat mengamalkan ilmu dalam profesi saudara-saudara masing-masing secara lebih bertanggung jawab dan berkualitas dan berikanlah pengabdian terbaikmu. Jangan pernah melupakan almamater Saudara, karena bagaimana pun almamater telah turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas diri Saudara. Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kampus STKIP YAPIS Dompu, saya tetap mengharapkan adanya saran dan kritik konstruktif dari Saudara. Mari kita besarkan Kampus STKIP YAPIS Dompu ini bersama-sama dengan hati dan kerja yang ikhlas," ucapnya. (emo).