Dandim 1614/Dompu Beserta Ketua Persit Kunker Perdana ke Koramil Kempo

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Beserta Ketua Persit Kunker Perdana ke Koramil Kempo

Koran lensa pos
Sabtu, 02 September 2023
Kunker Perdana Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M. Si beserta Ketua Persit KCK Ny. Astrini Dwi Anindita, S. Pi., M. Si ke Koramil 1614-02/Kempo, Kamis (31/8/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M beserta ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIII Dompu, Ny. Astrini Dwi Anindita Riyan, S. Pi., M. Si melakukan kunjungan kerja perdana ke Koramil 1614-02/Kempo, Kamis (31/8/2023).

Kedatangan Dandim dan Ketua Persit beserta rombongan disambut 
Danramil 02 Kempo, Kapten Inf Safi'i.
Camat Kempo Drs Budi Rahman, Kepala Desa Ta'a Sanusi Hamse. Kepala Desa Konte Iswan, Anggota Koramil 02 Kempo dan Ketua Ranting Persit KCK Koramil 02 Kempo beserta anggota.


Dalam suasana santai yang penuh dengan keakraban Komandan Kodim 1614/Dompu mengadakan diskusi dengan para pihak tersebut di atas.


Mengawali acara diskusi, Camat Kempo Budi Rahman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dandim dan Ketua Persit yang telah meluangkan waktu untuk  berkunjung di wilayah Kecamatan Kempo.

Selanjutnya Camat menyampaikan sekelumit gambaran tentang kondisi Kamtibmas di Kecamatan Kempo menjelang Pemilihan Kepala Desa Serentak 2023 ini.

Camat menengarai ada titik kerawanan di salah satu desa yang menggelar Pilkades ini. Karena ada pendukung salah satu calon yang disinyalir sangat fanatik. Juga ditengarai adanya provokator dari pihak ketiga yang turut menjadi dalang di balik layar. Hal ini dapat berpotensi memicu terjadinya konflik antar massa pendukung bila tidak segera dideteksi dan diantisipasi sejak dini.


"Kami sangat mengharapkan sekali kepada pihak Keaman yaitu dari TNI maupun Polri agar bisa membantu kami untuk mengamankan dalam pelaksanaan Pilkades serentak nanti dan kami harapkan kepada Komandan Kodim 1614/Dompu agar memaksimalkan Anggotanya yang berada di Koramil untuk Pengamanan guna memberikan rasa aman dan kenyamanan pada Pilkades nanti khususnya di wilayah kecamatan Kempo," harapnya.

Menanggapi laporan tersebut, 
Dandim berjanji akan melakukan rapat internal guna mengidentifikasi potensi titik kerawanan di setiap wilayah.

Usai kegiatan bersama Camat dan Kades, Dandim berkesempatan memberikan pengarahan terhadap seluruh personel Koramil Kempo.

"Ucapan terima kasih dan penghargaan juga kebanggaan yang luar biasa atas sambutan ini. Saya selalu monitor dari laporan maupun dari media, berkesimpulan bahwa Babinsa-Babinsa yang saya tempatkan di Koramil 1614-02/Kempo ini sebagai garda terdepan adalah orang yang pas, mampu menguasai wilayah dan memahami tugas karena selama ini tidak terdapat adanya pelanggaran," kata Dandim.


Ketahanan wilayah, lanjut Dandim, bertujuan agar masyarakat bisa hidup sejahtera, anak-anak sekolah bisa belajar dengan baik, serta masyarakat dapat beraktivitas dengan nyaman, suasana wilayah tenang dan aman.


Dandim juga meminta agar administrasi perkantoran dilakukan pembenahan-pembenahan agar menjadi lebih baik.

"Saya harapkan supaya dibuatkan yang lebih bagus lagi mengenai puldata. Fungsi analisa kejadian, kita sebagai Koramil menganalisa kejadian dalam satu dan dua bulan dalam satu semester yang terjadi di Koramil. Karena itu yang menjadi bahan masukan pada saat Danramil hadiri rapat pada saat Musrenbang di tingkat kecamatan nantinya," pintanya.

Dandim juga menegaskan agar memahami dan menggunakan aplikasi untuk memudahkan semua kegiatan dalam membuat laporan dan pendataan.


"Tetap monitor dan laporkan setiap perkembangan di wilayah," pungkas Dandim. (emo).