45 Siswa MTsN 1 Kota Bima Ikuti ANBK 2023

Kategori Berita

.

45 Siswa MTsN 1 Kota Bima Ikuti ANBK 2023

Koran lensa pos
Senin, 18 September 2023

 

Kota Bima, Lensa Pos NTB - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Bima mulai digelar hari ini, Senin (18/9/2023).


ANBK yang dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 18 - 19 September 2023 diikuti 45 siswa, bertempat di ruang laboratorium komputer MTsN 1 Kota Bima. Sebanyak 45 siswa di MTsN 1 Kota Bima terpilih untuk melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).


Waka Kurikulum MTsN 1 Kota Bima, Taufik, S.Pd berpesan kepada siswa, dalam mengerjakan soal – soal ANBK harus tenang, santai tapi sukses. Materi yang diuji dalam Asesmen Nasional terdiri dari 3 bagian, yakni 1). Asesmen Kompetensi Minimum artinya mengukur Literasi dan Numerasi sebagai hasil Belajar Kognitif. 2). Survei Karakter yakni mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (Values) sebagai hasil belajar, dan 3). Survei Lingkungan Belajar yakni mengukur kualitas Pembelajaran dan iklim Sekolah yang menunjang.


Sementara itu, Kepala MTsN 1 Kota Bima, H. Abdul Gani, S.Ag mengatakan, tujuan dilaksanakannya Asesmen Nasional ini adalah untuk meningkatkan Mutu Pendidikan serta mengembangkan Kompetensi dan karakter peserta didik. Seperti diketahui lanjutnya, Asesmen Nasional adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada satuan tingkatan pendidikan dasar dan menengah.


Evaluasi tersebut menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Semoga seluruh peserta asesmen dapat memperoleh hasil yang terbaik dan mencapai tujuan pendidikan sebagaimana yang diharapkan, pungkasnya. (LP-01)