Tim Dosen STKIP Yapis Berikan Pelatihan bagi Guru se Kabupaten Dompu

Kategori Berita

.

Tim Dosen STKIP Yapis Berikan Pelatihan bagi Guru se Kabupaten Dompu

Koran lensa pos
Selasa, 08 Agustus 2023
Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbasis Teknologi untuk Pembelajaran Terdiferensiasi Kurikulum Merdeka kepada para guru bahasa Inggris di Kabupaten Dompu oleh Tim PKM STKIP YAPIS Dompu, Sabtu (5/8/2023)


Dompu, koranlensapos.com - 
Tiga dosen STKIP Yapis Dompu yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memberikan pelatihan pembuatan media interaktif berbasis teknologi  untuk pembelajaran terdiferensiasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan itu berlangsung di Gedung Dharma Wanita Dompu pada Sabtu (5/8/2023).

Tim PKM itu terdiri atas Arif Bulan  sebagai ketua dan Ija Srirahmawati MPd serta Hasan sebagai anggota. 

Pelatihan yang berlangsung sehari tersebut diikuti 50 guru bahasa Inggris tingkat SMP baik dari sekolah negeri maupun swasta yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Dompu. Ke 50 guru bahasa Inggris tersebut berasal dari perwakilan semua kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu. 

Ketua Tim Arif Bulan dalam laporannya menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan hibah dari kegiatan PKM yang dibiayai oleh Kemendikbud Ristek tahun 2023. 

“Kegiatan PKM ini merupakan kewajiban bagi dosen di perguruan tinggi. Dalam PKM ini kami bermitra dengan MGMP Kabupaten Dompu serta diharapkan memberikan dampak terhadap mitra,” ungkapnya.

Diakuinya, sebenarnya ada sekitar 200 lebih guru bahasa Inggris yang tergabung dalam MGMP tapi pihaknya tidak bisa mengundangnya semua. 


Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STKIP Yapis Asmedy saat membuka kegiatan itu menyatakan tahun 2023 ada empat hibah program PKM yang berhasil lolos. 

“Mitra PKM ini adalah MGMP di Kabupaten Dompu,” terangnya. 

Sedangkan luaran kegiatan ini, kata Asmedy, adalah dihasilkannya multimedia pembelajaran oleh para peserta. Asmedy berharap agar kegiatan tersebut bermanfaat terutama bagi para guru. “Selama pelatihan ini bapak ibu guru  akan didampingi oleh para pendamping berpengalaman,” ujarnya.  

Ada empat pemateri pelatihan tersebut yakni fasilitator Merdeka Belajar Kampus Merdeka sekaligus dosen Universitas Nggusu Waru, Kota Bima, Muhammad Irwansyah, Arif Bulan, Mardiah dan Ketua MGMP Kabupaten Dompu sekaligus Guru Penggerak, Muhammad Fahmi.(ilyas).