Dandim 1614/Dompu Sambut 19 Personel KOMCAD 2023

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu Sambut 19 Personel KOMCAD 2023

Koran lensa pos
Rabu, 23 Agustus 2023


Penyambutan dan pengarahan kepada para parsonel KOMCAD Kabupaten Dompu 2023 di Makodim 1614/Dompu


Dompu, koranlensapos.com -  Bertempat di Aula Makodim 1614/Dompu, Senin pagi (21/8/2023) berlangsung kegiatan penerimaan sekaligus pengarahan bagi Personel KOMCAD Tahun 2023 oleh Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M. 

Para Personel Komcad Kabupaten Dompu berjumlah 19 orang. Mereka baru saja selesai menempuh Pendidikan Dasar Militer Komcad di Rindam IX/Udayana Tabanan Bali selama 3 bulan. Terhitung mulai tanggal 8 Mei hingga 5 Agustus 2023.

Kegiatan diawali laporan Komandan Komcad kepada Dandim 1614/Dompu. Dilanjutkan Pengarahan Dandim 1614/Dompu yang diwakili Pasiter Kapten Inf M Yamin.

"Saya mengucapkan Selamat dan mengapresiasi atas kesuksesan kalian semua. Tidak sia-sia kalian semua selama ini berusaha dari awal seleksi administrasi, kesehatan, sampai pemantauan akhir sejak tanggal 5 mei 2023 kemarin," ujarnya.

"Terlebih lagi masuk ke lembaga pendidikan, sungguh luar biasa.
Walaupun kalian semua Personil Komcad, tapi saya yakin kemampuan dan pengetahuan kalian sudah setara dengan Militer, karena pelatihnya di Rindam adalah Gumil-Gumil dari militer yang tentunya berprofesional. Sekilas saya melihat tadi dengan Semangat, Sigap dan juga Respek kalian sebagai Personil Komcad Saya yakini
bahwa Personil Komcad yang ada di depan saya ini betul-betul menjiwai dan mencintai atas profesi yang kalian semua sandang saat ini.
Pendidikan kalian sukses," imbuhnya.

Apakah Komcad itu?

Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2019 (Kemhan), tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan adalah sumber daya Nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Komcad bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam. Selain itu, mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan (Pertahanan Negara).

Oleh karena itu, dengan keberadaan kalian semua di sini tentunya wilayah Kabupaten Dompu akan semakin aman dan nantinya kalian semua sebagai pendukung TNI apabila di perlukan dalam hal-hal yang genting di wilayah Kabupaten Dompu.
Tetap jaga dan asah terus kemampuan dasar yang kalian dapatkan selama menempuh pendidikan Komcad. 

Kalian dari beberapa latar belakang yang berbeda ada yang petani, swasta dan mahasiswa tetapi kalian sudah teken kontrak dengan TNI AD dan saya harapkan kalian selalu siap dan bisa mendukung TNI untuk mengamankan khususnya wilayah Kabupaten Dompu. Kalian juga harus bisa bekerjasama dengan para Babinsa apabila terdapat hal-hal sekecil apapun yang ada di wilayah tempat tinggal kalian sebagai (Bapulket) memberikan informasi dan keterangan situasi kepada para Babinsa yang ada di wilayah tersebut. 

Saya berharap sama Komcad wilayah Kabupaten Dompu ini agar selalu jaga kekompakan, silaturahmi yang baik di antara leting, Nanti pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang usahakan semuanya hadir, agar para petinggi-petinggi OPD Kabupaten Dompu mengetahui kalau Personil Komcad sudah ada di wilayah Kabupaten Dompu ini. 

Dalam keseharian agar tetap jaga nama baik Komcad di mata masyarakat. Kalian mempunyai tugas seperti TNI bantu kesulitan masyarakat di sekitar.
Jadikan Kodim ini sebagai rumah atau tempat tinggal dan selalu jaga kekompakan sesama Personil Komcad. (emo).