Bawaslu Dompu Gelar Bimtek Penanganan Pelanggaran dalam Pemilu 2024

Kategori Berita

.

Bawaslu Dompu Gelar Bimtek Penanganan Pelanggaran dalam Pemilu 2024

Koran lensa pos
Kamis, 04 Mei 2023

 

Kegiatan Bimtek Penanganan Pelanggaran Pemilu 2024 yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Dompu di Aula Kafe Laberka Dompu, Selasa dan Rabu (2-3/5/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bawaslu Kabupaten Dompu menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Pelanggaran Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Kegiatan yang diikuti oleh  Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat itu dilaksanakan, Selasa-Rabu (2-3/5/2023) di Kafe Laberka Dompu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Irwan saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka persiapan penanganan pelanggaran dalam menghadapi Pemilu tahun 2024.

"Bimtek ini penting dilakukan, karena banyaknya persoalan yang muncul di lapangan. Apalagi bertolak pada Pemilu sebelumnya pada tahun 2019, ada banyak temuan," ujarnya.

Irwan mengungkapkan sejumlah temuan pada Pemilu 2019. Di antaranya ada ASN yang mensosialisasikan diri. Ada pula kepala desa yang maju sebagai bakal calon anggota legislatif. 
Ada pula ASN yang meski tidak mencalonkan diri, namun mensosialisasikan anak, keluarga atau orang-orangnya. Baik langsung di masyarakat maupun melalui media sosial.

“Tidak jarang ASN/PNS yang sedang menjabat pun melakukan hal seperti itu,” sebutnya.


Pada kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Irwan menyampaikan materi berjudul "Kesiapan SDM Pengawas Pemilu dalam Penanganan Pelanggaran". Sedangkan Kepala Sekretariat Bawaslu Dompu, Lalu Mahruddin menyajikan materi tentang "Daya Dukung Sekretariat dalam Proses Penanganan Pelanggaran".

Adapun Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Dompu, Wahyudin
membawakan materi tentang" Strategi Bawaslu dalam Mencegah Terjadinya Pelanggaran Pemilu".

Acara terakhir Simulasi Penanganan Pelanggaran dan Rencana Tindak Lanjut yang dipimpin anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari Haz. (emo).