Ultah Kelurahan Potu Ke 89, Serangkaian Kegiatan Digelar

Kategori Berita

.

Ultah Kelurahan Potu Ke 89, Serangkaian Kegiatan Digelar

Koran lensa pos
Minggu, 05 Maret 2023

 

Rangkaian kegiatan di HUT Kelurahan Potu ke 89 yang dipusatkan di Jalan Ma Wa'a Adi (Perempatan dr. Sanoko), Minggu (5/3/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Kelurahan Potu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB memperingati Ulang Tahun yang ke 89. Serangkaian kegiatan digelar dalam memeriahkan Ultah ke 89 itu. 


Pada hari Minggu pagi (5/3/2023) dilaksanakan Senam Bersama yang dipusatkan di Jalan Ma Wa'a Adi (perempatan dr. Sanoko). Dilanjutkan dengan permainan tradisional Tapa Gala. Permainan ini berlangsung seru. Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan Wabup H. Syahrul Parsan juga ikut serta dalam permainan ini. Begitu pula Ketua TP PKK Ny. Lilis Suryani, Ketua GOW Hj. Faridah dan Ketua GOPTKI Ny. Anike Kusumawati. Setelah itu dilanjutkan dengan pertandingan tarik tambang. 

Bupati H. Kader Jaelani atas nama pribadi dan pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan memperingati HUT Kelurahan Potu ke 89 itu.

"Kebetulan saya dengan pak Wakil Bupati sama-sama orang asli Potu sangat mengapresiasi adanya Peringatan Ulang Tahun Kelurahan Potu yang 89 ini. Terutama Panitia dan Pemerintah Kelurahan yang menggagas kegiatan ini. Apalagi diisi dengan kegiatan positif dan permainan tradisional yang perlu kita lestarikan bersama," ujarnya.

Bupati dan Wabup Dompu ikut dalam permainan tradisional Tapa Gala


AKJ berharap semoga pelaksanaan kegiatan semacam itu tidak hanya dilaksanakan tahun ini saja tetapi terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. Bupati juga berharap desa-desa lain bisa mengetahui sejarah lahirnya dan kemudian bisa memperingatinya sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para pendahulu.


Bupati menyampaikan warga Kelurahan Potu sudah banyak berkontribusi bagi pembangunan daerah lewat beragam potensi yang dimiliki. Baik sebagai pejabat dan pegawai di lingkup Pemda Dompu maupun dalam berwirausaha.

"Selamat Ulang Tahun untuk Kelurahan Potu yang ke 89. Semoga Potu makin jaya ke depannya," ucapnya.

Bupati AKJ saat memberikan sambutan usai acara senam bersama dalam rangakaian HUT Kelurahan Potu ke 89


Wabup H. Syahrul Parsan juga menyambut positif pelaksanaan rangkaian kegiatan di momen Ultah Kelurahan Potu ke 89 tersebut.


"Dengan momen ini utamanya merajut dan memupuk tali silaturahmi. Ajang ulang tahun ini kita manfaatkan untuk merajut silaturahmi. Sama-sama bersatu membangun Dompu agar terwujud  Dompu yang MASHUR sebagaimana visi Pemerintah AKJ SYAH," ujarnya.

Wabup juga berharap di momen ini dapat menjadi ajang  saling bertukar pikiran menambah pengalaman yang positif.

Ketua Panitia, Miftahul Suadah menyampaikan perayaan Ultah ke 89 ini dirancang tidak seperti biasanya. Rangkaian kegiatan yang digelar memegang prinsip utama Sakaka Kasama Dana ro Rasa (memperkuat jalinan silaturahmi antara masyarakat dengan Pemerintah). Silaturahmi lebih diperkuat antara pemerintah dengan masyarakat.

"Sehingga seluruh rundown kegiatan kami harapkan bapak Bupati dan bapak Wakil Bupati juga bisa mengikuti bersama-sama masyarakat karena juga Potu adalah tanah leluhur bagi beliau-beliau," kata putri mantan Bupati Dompu pertama KH. Abdurrahman Mahmud itu.


Srikandi yang familiar disapa Acha Suad itu mengemukakan bahwa rangkaian kegiatan di Ultah Kelurahan Potu ke 89 ini telah dimulai sejak tanggal 2 Maret 2023 yang diselaraskan dengan visi misi Dompu MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius). 

"Adapun tema yang diangkat adalah "Kita Ciptakan Potu yang SAPA BERLIAN". SAPA BERLIAN kepanjangan dari Sabtu Pagi Bersih Lingkungan Anda," terangnya.


Dikatakannya, selain senam bersama untuk menjaga kebugaran tubuh, juga digelar pemeriksaan kesehatan gratis. Ada pula Lomba Adzan dan menghafal surat-surat pendek bagi anak-anak usia 6-12 tahun.

"Terkait Tema SAPA BERLIAN, kita juga mengadakan Lomba Kebersihan Lingkungan di setiap RT," sebut Suad.


Tokoh wanita yang menjabat sebagai Kabag Administrasi Pembangunan Setda Dompu ini mengatakan bahwa di puncak peringatan tanggal 12 Maret 2023 mendatang akan dilaksanakan Lomba U'a Pua (Panjat Pinang).

"Hari ulang tahun Kelurahan Potu adalah tanggal 12 Maret. Di acara puncak 12 Maret itu kita rencanakan ada Lomba U'a Pua. Kabou Ma Ntoi (melestarikan kembali budaya lama)," ujarnya.

Suad kembali menegaskan bahwa rangkaian kegiatan Ultah Kelurahan Potu ini diintegrasikan dengan Program Dompu MASHUR. 

"Ada kesehatannya, ada religiusnya dan kita juga menghadirkan UMKM," jelasnya.

Lurah Potu, Agus Sofian menyampaikan tanggal 12 Maret 1934 mulai ditetapkan
sebagai Hari Lahir Kelurahan Potu pada tahun 2013 lalu. 

"Tahun 2013 dilaksanakan Peringatan Ulang Tahun Kelurahan Potu yang ke 79. Dan baru sekarang bisa dilaksanakan lagi," tuturnya.


Ia menyebut sejak dilantik menjadi Lurah Potu dirinya ingin melaksanakan kegiatan Peringatan HUT Kelurahan Potu. Namun hal itu tidak bisa terlaksana akibat pandemi Covid -19.


"Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan," katanya seraya menyampaikan terima kasih kepada panitia. 

Tokoh masyarakat Potu yang kini telah berdomisili di Kelurahan Karijawa, Imamuddin mengapresiasi adanya inisiatif Pemerintah Kelurahan Potu bersama Panitia yang menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke 89 ini.

"Dengan adanya kegiatan ini semua orang Potu yang masih tinggal di Potu maupun yang tinggal di desa dan kelurahan lain bisa berkumpul dan bertemu dalam kegiatan ini," ujarnya mengapresiasi. (emo).