Brilian, Ini Gebrakan Kades Katua Bangun SDM Generasi Muda

Kategori Berita

.

Brilian, Ini Gebrakan Kades Katua Bangun SDM Generasi Muda

Koran lensa pos
Rabu, 01 Maret 2023

 

Kepala Desa Katua, 
Syahrudin, SH., MM


Dompu, koranlensapos.com - Satu gebrakan brilian dilakukan Kepala Desa Katua Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB Syahrudin, SH., MM.

Selama masa kepemimpinannya telah melaksanakan program bea siswa bagi para mahasiswa-mahasiswi setempat yang menempuh studi di berbagai perguruan tinggi di Tanah Air. 

Hal itu dimaksudkan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan membangun desa dan daerah di masa mendatang. Kades meyakini bahwa di tangan mereka inilah masa depan desa, daerah bahkan bangsa diletakkan. Karena itu, mereka saat ini harus menempa diri untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa depan. Pendidikan lah yang akan mengubah pola pikir mereka agar menjadi generasi penerus yang unggul dan mumpuni.


Hal itulah yang mendorong Kades muda dan energik ini untuk melakukan langkah yang berbeda. Memberikan bea siswa kepada generasi muda setempat yang sedang menimba ilmu di berbagai kampus di Pulau Jawa maupun di Kota Mataram bahkan di Kabupaten Dompu sendiri.

"Kami mengalokasikan sebagian dari DD (Dana Desa) dan ADD (Alokasi Dana Desa) untuk membiayai anak-anak kami yang kuliah," kata Syahrudin.



Syahrudin menyebut program bea siswa itu sudah berjalan selama  3 (tiga) tahun dan akan memasuki tahun keempat.

"Jumlahnya selama tiga tahun ini  ada 44 orang. Setiap orang diakomodasi Rp. 3.600.000 per tahun," sebutnya.

Dikatakannya program ini akan terus berlanjut sampai berakhir masa jabatannya sebagai Kepala Desa.

"In sya'allah program ini akan saya laksanakan sampai masa jabatan saya berakhir ," tandasnya.


Kades yang berlatar belakang pendidikan terakhir S2 dengan gelar akademik Magister Manajemen ini mengatakan bahwa indikator kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh kapasitas SDM. SDM yang mumpuni dihasilkan oleh lembaga pendidikan yang berkualitas.

"Kalau daerah atau desa kita ingin maju, maka SDM masyarakatnya harus dibangun terlebih dahulu," ujarnya. (emo).