Musprov IV Senkom Mitra Polri Papua, Kholid Kembali Terpilih Secara Aklamasi

Kategori Berita

.

Musprov IV Senkom Mitra Polri Papua, Kholid Kembali Terpilih Secara Aklamasi

Koran lensa pos
Senin, 20 Februari 2023

 

Jayapura, Lensa Pos NTB - Pengurus Provinsi Senkom Mitra Polri Papua menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) IV Senkom Mitra Polri Papua yang digelar di Aula PPPM Al-Manshurin, Heram, Kota Jayapura, Sabtu (18/02/2023).


Musprov tersebut diikuti oleh peserta yang terdiri dari pengurus harian Senkom Provinsi Papua dan Pengurus Harian Senkom Kabupaten/Kota Se-Papua baik secara luring yang berjumlah 44 peserta maupun secara daring dari Kabupaten Jayawijaya, Mimika, dan Biak Numfor.


Dalam kesempatan ini dihadiri oleh pejabat dari institusi Polda Papua, BNNP Papua, Kodam XVII/Cenderawasih, Lantamal X Jayapura, Polresta Jayapura Kota, Kantor Basarnas Jayapura, LDII Papua, Persinas ASAD Papua, Forsgi Papua, pemda, mitra ormas, serta stakeholder lainya. 


Agenda 5 (lima) tahunan tersebut mengambil tema “18 tahun Senkom Mitra Polri P.R.I.M.A (Profesional, Responsif, Inovatif, Modern, Dan Akuntabel) dalam menghadapi revolusi industry 4.0 dibidang kamtibmas” dan sub tema “Senkom Mitra Polri Papua meningkatkan kinerja dan kompetensi dibidang kamtibmas serta lebih reponsif di era disrupsi”.


Secara resmi Musprov IV Senkom Mitra Polri Papua dibuka oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Senkom Mitra Polri H. Katno Hadi, SE., MM yang diwakili oleh Dewan Pembina Pengurus Pusat Senkom Mitra Polri Irjen Pol (Purn) H. Dunan Ismail yang ditandai dengan penabuhan tifa.


Dalam sambutan ketua umum yang dibacakan oleh Irjen Pol (Purn) H. Dunan tersebut menjelaskan Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan-serta dalam membantu menjaga kamtibmas dengan menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan sekitar melalui pengamanan swakarsa, sebagai wujud bela negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“Saat ini Senkom Mitra Polri telah memperpanjang nota kesepahaman atau MoU yang menjadi payung hukum bagi kerjasama antar lembaga, yaitu diantaranya Mabes Polri ( 2019 ), Badan Narkotika Nasional (2021), Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( 2019 ), Kementerian Pertahanan Republik Indonesia ( 2021 ), Badan Nasional Pencarian dan PeRtolongan atau lebih dikenal dengan Basarnas ( 2021 ),” tutur Dunan.


“Melalui MoU tersebut, kami berhasil melakukan penguatan di tiga ( 3 ) klaster Senkom Mitra Polri yaitu dibidang Kamtibmas dengan semboyan Menembus Jarak Tanpa Batas, dibidang Sosial Kebencanaan & Sar, dengan semboyan Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan dan dibidang Bela Negara, dengan semboyan NKRI harga mati,” tambahnya.


Sejumlah kegiatan telah kami laksanakan dalam rangka meningkatkan kontribusi Senkom untuk bangsa dengan instansi terkait diantaranya Diklat Kamtibmas bersama Mabes Polri sejak tahun 2006, Posko Nasional PAM Lebaran dan Tahun Baru sejak tahun 2009 bersama Kementerian Perhubungan dan Korlantas Mabes Polri, Pemberdayaan masyarakat Papua bersama Kabaharkam dibidang pelatihan ternak ayam telor di Kota Solo, Panitia pengamanan dan pelayanan Vaksin bagi masyarakat pada PON ke 20 di Papua tahun 2021, Bimtek Penggiat Anti Narkoba P4GN oleh BNN (Badan Narkotika Nasional), Pameran Bulan Penanggulangan Resiko Bencana bersama lembaga BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Pelatihan SAR Tingkat Dasar dan Lanjut dengan Basarnas sejak tahun 2011, Diklat Bela Negara bersama Kementerian Pertahanan sejak 2015,” tutup Dunan.


Sementara itu perwakilan undangan, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si saat diwawancara mengatakan, selamat dan sukses atas Musyawarah Provinsi Senkom Papua dalam Menyusun kepengurusan yang baru, kami dari TNI/Polri berharap terkait dukungan komunikasi dan berharap komunikasi ini terus dijalin.


“Terima kasih juga kepada Senkom Jayapura di mana setiap kegiatan, setiap ada bencana Senkom selalu hadir dan tentunya kita berharap komunikasi yang ada terus dijalin terutama merespon cepat sebagimana moto Senkom menembus jarak tanpa batas,” tutup Kapolresta Jayapura Kota.      


Peserta secara aklamasi memilih kembali Kholid, untuk melanjutkan menjadi ketua Senkom Mitra Polri Provinsi Papua masa bakti 2023-2028 meski sudah memimpin dua periode sebelumnya. Acara kemudian ditutup dengan pelantikan.


Hadir dalam pembukaan Musprov IV Senkom Mitra Polri Papua diantaranya Kepala BNNP Papua Brigjen Pol Drs. Rahmat Hidayat, Pembina PP Senkom Irjen Pol (Purn) H. Dunan Ismail, Perwakilan Kodam XVII/Cenderawasih Mayor Hasanudin, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, SH., S.I.K., M.Kom, Sekretaris Jendral PP Senkom H. Nedy Wibara, Dansatrol Lantamal X Jayapura Kolonel Laut Nur Rahmat, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, Kepala Basarnas Jayapura yang diwakili oleh Marinus B. Ohoirat, S.H, Ketua DPW LDII Provinsi Papua H. Sugiyono, SE., M.Si, Ketua Forsgi Provinsi Papua Letkol TNI (purn) H. Sulkhani, dan Plt. Ketua Persinas ASAD Papua Kapten TNI Zainudin. (TIM)