MENGUKIR SEJARAH, DI ANTARA KERAGUAN

Kategori Berita

.

MENGUKIR SEJARAH, DI ANTARA KERAGUAN

Koran lensa pos
Senin, 27 Februari 2023

 

Tim Voly Putra Kabupaten Dompu di Porprov XI NTB 2023


Perhelatan Pekan Olah Raga Provinsi NTB baru saja ditutup secara resmi kemarin di GOR Turide Kota Mataram. Di salah satu sudut gedung di kompleks olah raga terbesar di NTB itu telah meninggalkan cerita manis untuk salah satu cabang olah raga, yang sejak awal keberangkatannya sedikit diragukan akan mendapatkan medali.

Tim voly putra Kabupaten Dompu yang.mengikuti Porprov XI NTB foto bersama Pengurus PBVSI Kabupaten Dompu serta pelatih. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., MM dan Ketua PBVSI Kabupaten.Dompu, Syaiful Amir, SH., M. Kn berada di tengah atlet 

Anggapan yang realistis, mengingat persaingan dengan daerah lain cukup kuat, serta beberapa kandidat tim yang digadang-gadangkan akan menjadi kampiun, minimal mereka akan melanggang sampai babak final. Tim Dompu mungkin menjadi salah satu peserta yang awalnya tidak terlalu diperhitungkan.

Berbulan-bulan lamanya persiapan dilakukan, diawali proses seleksi yang tidak mudah, hingga muncul kontroversi di media sosial, namun ikhtiar harus terus dikibarkan, tim manajer dan  pelatih meramu latihan, strategi, menguatkan team building serta melakukan pendekatan secara psycologi terhadap seluruh pemain.

Mataram dituju, berada di dalam group neraka, karena harus berjibaku dengan tim-tim hebat NTB yang telah punya nama, misalnya Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, Kota Mataram, juga Kota Bima. 

Tak mudah merangkai harapan di tengah persaingan ketat itu, tapi partai pembuka menjadi kunci langkah gemilang itu. Memenangan diraih, kalah, lalu menang lagi. Sejarah mulai ditorehkan karena Dompu berhasil melewati fase group.

Trend positif itu mengantarkan tim hingga ke babak perempat final dan harus berhadapan dengan salah satu tim terbaik pulau Sumbawa yaitu kota Bima. Tertinggal di dua set awal, lalu kembali tertinggal di pertengahan set ketiga, bayang-bayang kekalahan di depan mata. Namun, ada energi yang membuncah seperti tersuntikkan dalam aliran darah punggawa-punggawa dana Dompu. 

Seperti ombak la key yang bergulung besar, hamparan kekuatan nafas Dompu Unggul membuat nyali anak- anak muda Dompu naik dua kali lipat. Di tiga set berikutnya kemenangan bisa dikunci. Kota Bima dikalahkan dengan skor akhir 3:2.. Allahuakbar...!!

SEJARAH ITU TELAH DIUKIR, melaju ke babak semifinal. Lagi-lagi Tim Dompu kembali mengukir kemenangan besar melawan Tim Lombok Timur dengan skor telak 3:0 dan melaju ke babak final untuk pertama kalinya sepanjang sejarah keikutsertaannya di Pekan Olah Raga empat tahunan di Provinsi NTB. Startegi hebat dan cerdas dari Tim Pelatih...!!

Jika tim putri pernah menorehkan tinta emas dengan medali peraknya belasan tahun yang lalu, kini tim putra Dompu sedang bersiap mengukir prestasi itu.

Semua yang awalnya meragukan, mencibir bahkan memandang sebelah mata, dengan banyak argumentasi yang menyertainya, bukanlah menjadi hal negatif, tetapi oleh tim diubah menjadi generator penggerak untuk pembuktian, bukan untuk orang lain, tetapi untuk diri sendiri, sebagai perwakilan Dou Dompu yang bertarung di kancah olah raga. Final diperoleh, minimal medali perak sudah di tangan. Semua satu suara, Dou Dompu mendukung dan melangitkan doa ke singgasana Sang Pencipta.

Persiapan, latihan, tempaan, kendala, masalah juga semua bahan lainnya yang dihadapi, dipersiapkan, diselesaikan bahkan diramu dengan memeras energi dan pikiran akhirnya berbuah manis.

TIM BOLA VOLLY PUTRA KABUPATEN DOMPU melaju ke Final untuk pertama kali dan akan melawan tim Kota Mataram. Darah, keringat, air mata, dedikasi dan seluruh energi dicurahkan melalui aliran darah, sinkronisasi raga dan pikiran, serta strategi diterapkan. Pertandingan yang luar biasa.

Di pinggir lapangan laksana dahsyatnya gulungan ombak pantai La Key melalui teriakan dan dukungan penonton, berpadu dengan kokohnya lereng Gunung Tambora yang terwariskan di dalam raga enam orang pemain yang sekuat tenaga mempertahankan bola bundar untuk tetap ada di udara dan menghujam ke lapangan lawan. 

Skuat Bumi Sumpah Palapa itu, anak-anak muda hebat itu telah mempertaruhkan seluruh daya, upaya energi dan kekuatan yang dimiliki, kemenangan dengan standar emas memang belum diraih, tapi buat masyarakat Dompu pencinta bola volly, mereka telah menjadi pemenang. 

Rasa syukur tetap dilangitkan, medali Perak berhasil diraih, sekalipun bukan emas, tetapi pencapaian itu telah membuka seluruh mata pencinta bola volly di NTB bahwa telah lahir salah satu kekuatan baru dalam perbola-vollyan, yaitu Tim Dompu Putra.

Selamat...terima kasih telah membanggakan kita semua. Terima kasih telah menarik energi positif dari setiap pasang mata yang telah mewakafkan diri untuk berjajar di pinggir lapangan untuk memberikan dukungan. Terima kasih telah menyulam keraguan menjadi ukuran senyum manis dan aliran kristal bening di ujung mata. 

Doa-doa yang dilangitkan itu telah diijabah, Allah Tahu yang terbaik dan dibutuhkan, bukan tentang emas yang belum diraih. Tapi Perak yang terkalungkan adalah bukti sebuah proses dan perjuangan panjang, atas nama lambang daerah yang telah disematkan di dada, menjadi sebuah pembuktian bahwa tak ada kata tak mungkin ketika Allah sudah berkata "Kun Faya Kun"

Persembahan terbaik untuk Dana Dompu, juara 2 Volly Ball, bagian dari medali untuk peringkat 2 Kabupaten Dompu, kado cantik untuk 2 tahun AKJ Syah. 

 (*Catatan Kecil Syafrudin, Seorang Pecinta Bola Voly).

Dinas Koperasi dan UKM merupakan OPD pengasuh cabang olah raga bola voli. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., MM mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Dompu menyerahkan buket senilai Rp. 1 juta kepada atlet bola voli Kabupaten Dompu. Sedangkan Ketua PBVSI Kabupaten Dompu, Syaiful Amir, SH., M. Kn menyerahkan medali perak kepada perwakilan atlet bola voli Kabupaten Dompu


Para supporter dari Kabupaten Dompu saat menyaksikan pertandingan bola voli di arena Porprov XI NTB. Tampak dalam gambar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati dan Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Dompu, Miftahul Suadah dan juga Muna Pangaha Balu sedang menyemangati para pemain bola voli dari Kabupaten Dompu yang sedang bertanding