Dandim 1614/Dompu bersama BKPH Topaso Laksanakan Penghijauan Sistem Agroforestry di Karamabura

Kategori Berita

.

Dandim 1614/Dompu bersama BKPH Topaso Laksanakan Penghijauan Sistem Agroforestry di Karamabura

Koran lensa pos
Senin, 13 Februari 2023

 

Kegiatan penanaman sistem agroforestry kerja sama Kodim 1614/Dompu dengan BKPH Topaso



Dompu, koranlensapos.com - Sebagai bentuk keprihatinan dengan kerusakan hutan yang terjadi di Kabupaten Dompu khususnya di Desa Karamabura Kecamatan Dompu, maka Kodim 1614/Dompu bermitra dengan Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Toffo Pajo Soromandi melaksanakan kegiatan penghijauan.  

Kegiatan itu dilaksanakan di lokasi kawasan hutan Desa Karamabura pada hari Sabtu (11/2/2023) pukul 11.00 Wita.

Penghijauan itu menggunakan sistem agroforestry yaitu menanam bibit pohon buah-buahan yang bermanfaat secara ekonomi sekaligus bermanfaat secara ekologi untuk mengembalikan fungsi hutan yang rusak akibat perladangan liar oleh masyarakat.

Kegiatan penanaman sistem agroforestri ini dihadiri langsung oleh  Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Taufiq, S. Sos, Kepala Balai KPH Toffo Pajo Soromandi Faruk HMI, S. Hut, Anggota KPH Toffo Pajo Soromandi, Anggota Kodim 1614/Dompu serta masyarakat setempat.


"Alhamdulillah siang ini kami dari Kodim 1614/Dompu bersama pak Faruk Kepala BKPH Toffo Pajo Soromandi melaksanakan penanaman atau penghijauan kembali hutan yang sudah rusak dan dijadikan sebagai demplot Kodim 1614/Dompu dengan sistem 
Agroforestry, pohon yang ditaman ini diharapkan bernilai ekonomis yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Dandim menjelaskan kegiatan ini sebagai contoh bagi masyarakat sekaligus mengembalikan fungsi hutan yang dirusak akibat perladangan liar oleh masyarakat selama ini.


"Kami Kodim 1614/Dompu berharap kepada masyarakat agar menanam kembali pohon apa saja seperti yang kita lakukan sekarang, Contohnya tanaman buah buahan durian, alpukat, matoa, mangga dan lain-lain yang bernilai ekonomi sehingga hutan tetap terjaga buahnya bermanfaat secara ekonomi oleh masyarakat," jelas Dandim.


Kepala Balai KPH Toffo Pajo Soromandi, Faruk HMI, S. Hut.
mengucapkan terima kasih kepada  Dandim 1614/Dompu beserta seluruh Anggotanya yang telah meluangkan waktunya untuk  bergabung bersama menanam pohon di lokasi yang dijadikan Demplot.


"Demplot ini adalah sebagai contoh bagi masyarakat yang sudah terlanjur merusak hutan akibat perladangan liar karena menanam jagung. Oleh karena itu harapan kita semua, agar masyarakat menanam kembali seperti yang kita lakukan hari ini dengan cara menanam pohon buah buahan sehingga hutan terlindungi dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat," paparnya.


Penanaman dimulai pada pukul 11.20 Wit dan diikuti oleh seluruh anggota yang hadir. Kegiatan penanaman berakhir pukul 13.30 Wita dalam keadaan aman dan lancar.


Sebagai catatan, penanaman yang dilakukan oleh Kodim 1614/Dompu bersama BKPH untuk memberi contoh kepada masyarakat yang sudah terlanjur menduduki lahan kawasan hutan lindung.

Apabila masyarakat tidak menanam kembali pohon di lahan yang sudah didudukinya, maka lahan tersebut akan dijadikan Demplot Kodim.

 Lahan Demplot kodim 1614/Dompu 10 Ha jenis bibit yang ditanam berupa durian, matoa, alpukat, mangga dan kemiri berjumlah 200 pohon. (emo).