Bupati dan Wabup Dompu Tinjau Pembangunan Infrastruktur pertanian di Kecamatan Hu'u

Kategori Berita

.

Bupati dan Wabup Dompu Tinjau Pembangunan Infrastruktur pertanian di Kecamatan Hu'u

Koran lensa pos
Sabtu, 04 Februari 2023

 

Bupati dan Wabup Dompu didampingi sejumlah pejabat meninjau pembangunan infrastruktur pertanian di Kecamatan Hu'u, Jumat (3/2/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Di sela sela kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Hu'U, pada hari Jumat (3/2/2023), Bupati Dompu, H. Kader Jaelani bersama Wakil Bupati H. Syahrul Parsan meninjau dan memonitoring pelaksanaan  pembangunan sarana prasarana infrastruktur pertanian.

Kegiatan peninjauan Bupati dan Wabup juga didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP., MM, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Dompu, Miftahul Suadah, ST serta para pejabat lainnya.

Infrastruktur sarana prasarana pertanian yang ditinjau antara lain, jaringan irigasi tersier (RJIT), Jalan Usaha Tani (JUT) dan irigasi tanah dangkal (sumur bor). 




Bupati Dompu menyampaikan pembangunan sarana prasarana pertanian ini adalah bagian dari ihktiar pemerintahan AKJ SYAH dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas komoditi pertanian sabagai bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat.

Dalam kegiatan kunjungan lapangan tersebut Bupati AKJ menyampaikan pesan agar sarpras yang telah dibangun tersebut memiliki azas manfaat bagi masyarakat dan dapat benar- dipelihara dan terus dijaga agar senantiasa bermanfaat.

"Semoga infrastruktur pertanian yang telah dibangun ini mendatangkan nilai manfaat yang besar bagi peningkatan produksi dan produktivitas pertanian sebagaimana harapan kita bersama. Karena itu infrastruktur yang telah dibangun ini supaya dijaga dan dipelihara," ucapnya.


Kepala desa Adu, Burhanudin yang turut mendampingi Bupati dan Wabup Dompu atas nama masyarakat Adu menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Dompu yang telah mengalokasikan beberapa kegiatan dan program di desa Adu. 

"Program yang telah dibangun telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya para petani, karena dengan adanya Jalan Usaha Tani  berdampak pada semakin lancarnya mobilitas dan  pengangkutan hasil produksi dan saprodi pertanian," ujarnya.

Begitu juga dengan adanya RJIT, lanjut Burhan sangat berdampak pada peningkatan fungsi dari saluran irigasi, sehingga layanan air irigasi pada lahan petani semakin meluas.


Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP., MM menyebutkan bahwa Pemkab Dompu melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu di tahun 2022 telah membangun RJIT pada 5 lokasi, JUT pada 6 titik lokasi dan sumur bor 2 titik lokasi di Kecamatan Hu'u. (emo).