Panwascam Kilo "Goes to School" Sosialisasi Netralitas ASN dan Pengawasan Partisipatif

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Panwascam Kilo "Goes to School" Sosialisasi Netralitas ASN dan Pengawasan Partisipatif

Koran lensa pos
Senin, 09 Januari 2023

 

Pamwascam Kilo goes to school di SMAN 1 Kilo, Senin (9/1/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Satu gebrakan untuk mewujudkan Pemilihan Umum Serentak 2024 yang jujur, adil dan bersih dilakukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Kilo.

Panwascam Kilo mengadakan kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah. Kegiatan bertajuk Panwascam "Goes To School" itu dilaksanakan perdana di SMA Negeri 1 Kilo pada hari Senin (9/1/2023).

Tiga Komisioner Panwascam Kilo tampil menjadi narasumber.

Kesempatan pertama disampaikan oleh Ketua Panwascam Kilo Nasarudin, S. Pd. Materi yang disampaikan terkait Pengawasan Tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Nasaruddin menginformasikan saat ini Panwascam sedang mengawasi seleksi anggota PPS Se-Kecamatan Kilo.

Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Adi Ardiansah, S.Pd tentang pelanggaran-pelanggaran pemilu dan larangan-larangan bagi ASN untuk ikut serta dalam kegiatan kampanye bakal calon/calon Presiden dan wakil presiden, DPR dan DPD. Termasuk larangan untuk tidak memberikan dukungan kepada bakal calon DPD RI.

"Jika bapak ibu guru merasa dicatut namanya dalam daftar dukungan bakal calon DPD RI segera laporkan ke kami," pinta Adi.


Sementara narasumber lainnya, Muh. Taufikurrahman, S.Pd menyampaikan materi tentang pengawasan partisipatif.

Opick menyampaikan pentingnya kolaborasi semua pihak untuk ikut mengawasi semua tahapan penyelenggaraan pemilu.

"Semakin banyak yang berpartisipasi dalam melakukan pengawasan maka pelanggaran- pelanggaran akan bisa ditangani dan diminimalisir," kata Opick seraya berharap agar bila menemukan dugaan pelanggaran segera dilaporkan.

Opick mengatakan sosialisasi ini akan terus dilakukan untuk meminimalisir terjadi pelanggaran dalam Pemilu 2024 mendatang.


Di akhir kegiatan sosialisasi, Tim Panwascam Kilo membuat kuis bagi siswa/siswi seputar pemilu. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan maka diberikan hadiah. 

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. (emo).