Kasdim 1614/Dompu Hadiri Pembukaan MUSDA VII MUI Dompu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Kasdim 1614/Dompu Hadiri Pembukaan MUSDA VII MUI Dompu

Koran lensa pos
Senin, 19 Desember 2022

 

Foto bersama usai pembukaan MUSDA VII MUI Kabupaten Dompu


Dompu, koranlensapos.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu, Sabtu (17/12/2022) melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) VII.

Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung PKK Dompu yang dibuka oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT. 

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum MUI Provinsi NTB, Prof. KH. Saiful Muslim beserta rombongan, Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, M.PPH, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si, Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf. Abdul Haris, Kapolres Dompu diwakili AKP Jaelani, dan tokoh agama.

Ketua Panitia, Kasturi A. Thalib, S. Pd dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan MUSDA MUI VII ini merujuk pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga MUI Pasal 11, Himbauan Ketua MUI NTB tertanggal 5 Desember 2022 dan SK Ketua MUI Kabupaten Dompu tentang Panitia Penyelenggara MUSDA MUI Kabupaten Dompu.

Dikatakannya MUSDA MUI VII bertema Memelihara Umat Dari Aliran Sesat, Perbaiki Akhlak Bangsa dan Menghindari Kemungkaran"

Lebih lanjut pensiunan Pengawas Dikpora ini menyampaikan peserta MUSDA MUI Kabupaten Dompu VII yang memberikan hak suara adalah utusan dari MUI kecamatan 8 orang,  utusan Organisasi Islam NU, Muhammadiyah dan NW serta utusan dari pesantren dan perguruan tinggi sebanyak 18 orang.

Ketua Umum MUI Provinsi NTB, Prof. KH. Saiful Muslim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus MUI Kabupaten Dompu masa khidmat 2017-2022 yang telah melaksanakan tugas membantu pemerintah di dalam membina umat.

Selanjutnya Kiyai Saiful Muslim menyampaikan harapan semoga Pengurus MUI yang baru masa khidmat 2022-2027 dapat menjalankan tugas lebih baik lagi.

"Supaya meningkatkan peran kita pada umat sehingga lebih baik. Tingkatkan koordinasi dan sinergi dalam membantu tugas pemerintah. Tingkatkan peran dalam membina umat agar bisa menjalankan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariyah. Mudah-mudahan ke depan akan lebih baik lagi. Lebih maju dan lebih berkhidmat. Mari sama-sama memajukan organisasi MUI ini selama 5 tahun ke depan," tandasnya.

Kiyai Saiful Muslim kembali menekankan peningkatan peran dalan berkoordinasi dengan pemerintah daerah. 

"MUI  diharapkan membantu pelaksanaan kegiatan keagamaan di Kabupaten Dompu. Sejalan seirama dengan program pemerintah sehingga dapat dirasakan oleh seluruh umat Islam di Kabupaten Dompu. MUI harus menjalankan peran bersinergi dan 
membantu tugas pemerintah di bidang keagamaan," ujarnya.

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa majelis ulama adalah pemersatu bangsa. Bukan saja internal agama islam tetapi juga dengan agama lain. 

"Majelis ulama adalah menjadi contoh dalam mempersatukan bangsa," ujarnya.

Dikatakan pula bahwa majelis ulama juga adalah penghubung antara ulama dan umara. 

Hasil kesepakatan Tim Formatur menetapkan Drs. H. Moh. Nasuhi sebagai Ketua Umum Kabupaten Dompu. Sekretaris Umum Drs. Tirmizi dan Bendahara Umum H. Ismail.

Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar. (emo).