Jelang Launching Kelurahan Kerukunan, FKUB Dompu Gelar Rakor Bersama Pemlur Dorotangga

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Launching Kelurahan Kerukunan, FKUB Dompu Gelar Rakor Bersama Pemlur Dorotangga

Koran lensa pos
Rabu, 26 Oktober 2022

 

Kegiatan Rakor menjelang Launching Kelurahan Kerukunan di Aula Kantor Kelurahan Dorotangga, Rabu (26/10/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Menjelang pelaksanaan launching Kelurahan Dorotangga sebagai Kelurahan Kerukunan, maka Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kelurahan Dorotangga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Dorotangga pada Rabu (26/10/2022).

Hadir pada acara tersebut Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin beserta jajaran Pengurus FKUB Kabupaten Dompu, Lurah Dorotangga, Khaerul Ansyah beserta jajaran dan Ketua LPM.
Hadir pula pada tokoh masyarakat Kelurahan Dorotangga, H. Surajuddin, SH (Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu) dan H. Khairuddin, SH (Kabag Kesra Setda Dompu juga merupakan Pengurus FKUB Kabupaten Dompu).

Lurah Dorotangga, Khaerul Ansyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada FKUB Kabupaten Dompu dan Kementerian Agama Kabupaten Dompu yang telah menunjuk Kelurahan Dorotangga sebagai Kelurahan Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Dompu.

Khaerul mengakui kerukunan umat beragama di Kelurahan Dorotangga memang sudah berlangsung sejak dulu. Tidak pernah terjadi disharmoni antara umat beragama yang ada.

"Tidak pernah terjadi hal-hal yang berbau rasis. Pernah ada riak-riak kecil tokoh-tokoh agama segera bertindak cepat memberikan pencerahan kepada masyarakat," ujarnya.

Dikatakannya 3 (tiga) pemakaman umum yang saling berdempetan yakni pemakaman muslim, tionghoa dan kristiani menjadi simbol kerukunan di Kelurahan Dorotangga.

Ketua FKUB Muhammad Alimuddin menjelaskan bahwa penetapan Kelurahan Dorotangga sebagai Kelurahan Kerukunan Umat Beragama dengan berbagai dasar pertimbangan.

Pantauan kami Kelurahan Dorotangga sangat tinggi rasa sosial keagamaannya. Demikian pula kebersamaannya baik intern umat beragama, antar umat beragama, maupun dengan pemerintah," ujarnya.

Terkait dengan rencana launching tersebut, Alimuddin menyebut akan dirangkaikan pula dengan kegiatan penghijauan. Di tiga lokasi pemakaman itu akan dilakukan penanaman pohon yang disebut dengan "Pohon Kerukunan". Sebanyak ratusan pohon ketapang kencana, pulai, nangka lombok dan kemiri telah disiapkan untuk kegiatan penanaman itu.

"FKUB ini tidak hanya fokus dalam ranah keagaaamaan tetapi juga rukun dengan alam. Alam tempat kita hidup harus dijaga kelestariannya. Masyarakat Kelurahan Dorotangga sudah melakukannya tetapi kita perkuat lagi," tandasnya.

Kegiatan launching ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Dompu dan Ketua FKUB Kabupaten Dompu. Dalam acara tersebut akan dibacakan SK Penetapan Kelurahan Dorotangga sebagai Kelurahan Kerukunan Umat Beragama dan Deklarasi Kerukunan Umat Beragama.

Tokoh masyarakat Kelurahan Dorotangga, H. Sirajuddin, SH mengusulkan agar kegiatan penghijauan dan launching dikemas dalam satu waktu. Usulan tersebut diterima oleh Ketua FKUB Kabupaten Dompu.

Acara launching direncanakan pada hari Rabu, 9 November 2022. Sebelumnya akan dilakukan kerja bakti di lokasi pemakaman umum pada hari Sabtu, 5 November 2022. 

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Dorotangga, Suaedin Muhammad menyambut positif atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia mengajak semua elemen masyarakat Kelurahan Dorotangga mendukung dan bekerja sama demi kesuksesan acara tersebut. (emo).