HMS Fasilitasi Pelaksanaan Bimtek Pekarangan Pangan Lestari di Dompu

Kategori Berita

.

HMS Fasilitasi Pelaksanaan Bimtek Pekarangan Pangan Lestari di Dompu

Koran lensa pos
Kamis, 20 Oktober 2022

 

Bimtek P2L di Hotel Tursina Dompu, Kamis (20/10/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Hotel Tursina Dompu, Kamis (20/10/2022) berlangsung Bimbingan Teknis Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Kegiatan itu difasilitasi oleh Anggota Komisi IV DPR RI Dapil I NTB dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H. Muhammad Syafrudin, ST., MT. Sebagai narasumher adalah Sadewo Endiyatmoko, S. Sos (Subkoordinator Keuangan Perlengkapan Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI) dan Awad, SP dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu.

Sedangkan peserta didominasi kaum ibu dari kelompok pemanfaatan pekarangan pangan lestari.


Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Dompu, Ir. Ruslan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Bimtek P2L yang difasilitasi oleh HMS bekerja sama dengan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI.

"Terima kasih kepada Bang Rudy (sapaan H. Muhammad Syafrudin) dan dari Ditjen Hortikultura Kementan RI atas pelaksanaan kegiatan ini," ucapnya.

Dikatakan Ruslan bahwa Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu sangat responsif dengan kegiatan Bimtek sekaligus memberikan bantuan program P2L kepada kaum ibu. 

"Dengan adanya Bimtek dan Program P2L ini ibu-ibu dapat memanfaatkan lahan pekarangan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak perlu lagi beli sayur maupun cabe bahkan bisa dijual untuk menambah keuangan keluarga," ujarnya.

Lebih lanjut mantan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu ini mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan pemicu awal agar seterusnya dapat lebih dikembangkan. 

"Ini merupakan awalan yang baik bagi kita untuk terus berbuat untuk mengatasi kerawanan sosial karena 
program ini selaras dengan tema pemerintah dalam penanganan Covid -19 "Pulih Cepat, Ekonomi Bangkit". 
Kita bersyukur ada program ini harapan bersama kita ke depan menjadi lebih berkembang sehingga ekonomi bisa lebih mapan," ujarnya.

H. Muhammad Syafrudin, ST., MM menyampaikan bahwa terpaan wabah Covid -19 membuat perekonomian masyarakat berada dalam kondisi yang terpuruk. Karena itu pemerintah kini berupaya untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Salah satunya adalah melalui program pemanfaatan lahan pekarangan untuk berbudi daya tanaman hortikultura yang produktif dan bernilai ekonomis. Selain untuk dimanfaatkan sendiri guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga, juga dapat dijual yang dapat menghasilkan uang.

Karena itulah HMS melalui dana aspirasinya menggandeng Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI untuk melaksanakan program P2L di kelompok-kelompok binaan. Program ini bukan hanya di Kabupaten Dompu, tetapi juga di kabupaten/kota lain di Pulau Sumbawa.

"Program ini untuk menselaraskan dengan pemerintah pusat untuk pemulihan ekonomi untuk mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern," kata HMS.

Lebih lanjut Legislator utusan Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan NTB 1 yang dikenal sangat merakyat ini berharap agar program tersebut dapat dikembangkan menjadi lebih meningkat lagi sehingga memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi.  (emo).