Lirik Lagu "Tanah Airku" dan Biografi Penciptanya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Lirik Lagu "Tanah Airku" dan Biografi Penciptanya

Koran lensa pos
Senin, 15 Agustus 2022

  


Koranlensapos.com - Salah satu lagu wajib nasional Indonesia adalah lagu yang berjudul "Tanah Airku" ciptaan Ibu Soed. Lagu ini sungguh menggugah rasa mencintai Indonesia sebagai bumi pertiwi dan tanah tumpah darah.
Inilah lirik lagu tersebut :
Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai
Walaupun banyak negeri kujalani
Yang masyhur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah ku rasa senang
Tanah ku tak kulupakan
Engkau kubanggakan
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai
Kuhargai.



Ibu Soed lahir di Sukabumi Jawa Barat pada 26 Maret 1908. Nama lengkapnya adalah Saridjah Niung. 
Ayah Kandungnya bernama Mohamad Niung, seorang pelaut asal Bugis yang menetap lama di Sukabumi kemudian menjadi pengawal JF Kramer. Saridjah merupakan putri bungsu dari dua belas orang bersaudara.

Banyak yang tidak mengenal nama aslinya. Ia lebih dikenal dengan nama Ibu Soed. Hal itu karena suaminya bernama Raden Bintang Soedibjo.
 Ibu Soed wafat di Jakarta pada 26 Mei 1993 pada usia 85 tahun dan kemudian dimakamkan di Bandung Jawa Barat.

Ibu Soed adalah seorang pemusik, guru musik, pencipta lagu anak - anak, penyiar radio, dramawan dan seniman batik Indonesia.

Ibu Sud juga dikenal sebagai tokoh musik tiga zaman karena sudah menciptakan musik sejak zaman Belanda, Jepang dan Indonesia. Menurut buku Kumpulan Lagu Nasional: Puspa Swara, 2007 karya Gunawan Ismail, Ibu Sud bertekad menciptakan lagu untuk anak Indonesia karena kesal melihat murid-muridnya dipaksa untuk menyanyikan lagu Belanda saat sedang bersekolah.

Lagu-lagu yang diciptakan Ibu Soed sangat terkenal di kalangan pendidikan Taman Kanak - Kanak Indonesia. Ibu Soed pernah mendapatkan Museum Rekor Indonesia sebagai Empu Lagu Anak - anak Indonesia. Ia menciptakan 480 lagu anak-anak Indonesia antara lain Burung KutilangNaik Delman,Kupu-KupuNaik-Naik ke Puncak GunungDesakuHai BecakBerkibarlah BenderakuBendera Merah Putih dan Tanah Airku. (emo/dari berbagai sumber).