Kadis DP3A Kabupaten Dompu Berterima Kasih Kepada Semua Stakeholder Atas Terjalinnya Sinergisitas

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Kadis DP3A Kabupaten Dompu Berterima Kasih Kepada Semua Stakeholder Atas Terjalinnya Sinergisitas

Koran lensa pos
Selasa, 30 Agustus 2022

 


Dompu, koranlensapos.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., M. Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah bersinergi di dalam upaya mewujudkan pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Dompu.

Ucapan terima kasih itu disampaikan Daryati dalam laporannya saat Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Dompu yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Dompu, Selasa (30/8/2022).

Dikemukakannya dalam rangkaian Peringatan HAN 2022 Tingkat Kabupaten Dompu ini banyak sekali program kegiatan yang dilaksanakan. 
Di antaranya Penanaman Pohon (penghijauan), Karnaval PAUD,
Lomba mewarnai gambar,
Lomba Tahfidz Surat - Surat Pendek Al-Qur'an, Pembagian paket sembako pada sasaran keluarga kurang mampu dan pada bayi serta balita stunting, pembagian tablet tambah darah, maupun pembagian Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Dikatakannya, tanpa adanya sinergisitas yang terjalin dengan baik, maka semua program tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Kadis P3A ini kemudian menjelaskan stakeholder dimaksud antara lain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Bappeda dan Litbang,  Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Dukcapil, Dinas Lingkungan Hidup, Polres Dompu, Kodim 1614/Dompu, Kejaksaan Negeri Dompu, Pengadilan Negeri Dompu, Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Lapas Dompu, TP PKK, GOW, GOPTKI, HIMPAUDI, Baznas, Puskesmas, Kepala SMA/SMK/MA, SMP/MTs, SD/MI, TK/PAUD/RA, Forum Anak, LPA, Yayasan/Komunitas Pemerhati Anak, insan pers, serta tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh wanita. Tidak terkecuali pula dukungan luar biasa dari para sponsor seperti Bank NTB Syariah, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, BSI, Pegadaian dan PT. STM.


Diuraikan pula oleh srikandi yang biasa disapa Umi Yat ini bahwa Pemerintah Kabupaten Dompu tahun 2019 telah menerima Trofy Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama. Kemudian pada tahun 2020 meningkat menjadi Tingkat Madya. Dievaluasi dengan hybrid di tengah pandemic covid yang melanda Indonesia dan pada penilaian tahun berikutnya, tahun 2021 kabupaten tetap mempertahankan tropy KLA pada Tingkat Madya.
Di samping hal di atas, Pemerintah Kabupaten Dompu juga meraih tropy APE tingkat Utama dan Penghargaan yang diberikan oleh KPAI (Komisi Perlindungan Anak
Indonesia) Sebagai Pemenang dalam Penghargaan anugerah Komisi Perlindungan Anak (KPA) sebagai Kabupaten yang memiliki Komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan yang berbasis system informasi monitoring evaluasi dan
palaporan (SIMEP) perlindungan Anak tahun 2022.
Penghargaan trofy tersebut suatu bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap komitmen Pemerintah Kabupaten Dompu dalam mewujudkan Kabupaten Dompu yang
layak anak dengan tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA).

"Penghargaan tersebut tidak dapat dengan begitu saja, ini merupakan suatu sinergisiitas semua elemen di Pemerintah Kabupaten Dompu dalam rangka mewujudkan pemenuhan hak anak dan dan perlindungan hak anak agar dapat tumbuh berkembang
serta berpartisipasi dalam pembangunan," paparnya memberikan apresiasi atas soliditas dan kebersamaan yang telah dibangun.

Disebutnya anak merupakan generasi emas sebagai penerus cita - Cita bangsa dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga peringatan Hari Anak Nasiaonal (HAN) tingkat Kabupaten Dompu tahun
2022 mengambil Tema "Anak Terlindungi, Perempuan Berdaya, Dompu Mahsyur, NTB Gemilang Indonesia Maju".

"Anak -anak yang saya banggakan saya harapkan kalian dapat memanfaatkan waktu kalian dengan baik dan benar. Hormati orang Tua dan Guru, cintai keluarga, masyarakat, teman, tanah air, bangsa dan negara.
Tunaikanlah Ibadah, taatilah etika dan jadilah insan yang berakhlak mulia. Bagunlah solidaritas, kesetiakawanan dan solidaritas serta semangat untuk maju dan berbagi. Selamat Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2022. Semoga anak anak Dompu benar benar menjadi anak yang berbudaya, mencerminkan identitas dan karakter dalam Berbangsa dan Bertanah Air," harapnya mengakhiri. (emo).