Kades Karamabura Berterima Kasih Pada TNI Atas Pembangunan Pompa Hidram

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Kades Karamabura Berterima Kasih Pada TNI Atas Pembangunan Pompa Hidram

Koran lensa pos
Kamis, 25 Agustus 2022

 

Kepala Desa Karamabura, Aswan berterima kasih pada TNI atas pembangunan pompa hidram.


Dompu, koranlensapos.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) saat ini sedang membangun pompa hidram pertanian di Desa Karamabura. 
Lokasinya dari Kantor Desa Karamabura menuju ke arah timur lalu belok kanan sejauh sekitar 1 Kilometer.  Di atas sebuah dataran tinggi dibangun sebuah bak air besar bercat biru berukuran sekitar 7x12 meter dengan ketinggian sekitar 2,5 meter. Memandang ke arah bawah dari lokasi itu tampak sebuah sungai. Jaraknya sekitar lebih dari 500 meter. Di pinggir sungai itu terlihat pula sebuah bak penampungan air yang juga bercat biru. Ukurannya pun hampir sama dengan bak penampungan air yang berada di atas tadi. Di dekat bak bawah inilah ditempatkan pompa hidram untuk menarik air dari sungai untuk dialirkan ke bak penampungan bawah. Dari bak bawah tersebut terpasang sekitar 10 pipa memanjang yang menghubungkan dengan bak penampungan atas sehingga air bisa sampai ke atas dataran tinggi itu untuk dimanfaatkan oleh para petani setempat dalam bercocok tanam. 

Pembangunan pompa hidram pertanian oleh TNI bersama rakyat di Desa Karamabura ini sudah berlangsung sekitar dua bulan. Progres pembangunan sudah mencapai 95 %.
Artinya dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera bisa dimanfaatkan.

Kepala Desa Karamabura, Aswan menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI atas pembangunan pompa hidram pertanian di desanya.

Ia mengaku salut kepada TNI atas pembangunan pompa hidram di desanya tersebut. Menurutnya pembangunan irigasi pertanian adalah mengalirkan air dari atas ke bawah. Namun dalam pembangunan pompa hidram ini adalah menaikkan air yang berada nun jauh di bawah sungai ke atas bak penampungan di atas dataran tinggi yang berjarak lebih dari 500 meter.

"Tidak terlintas dalam pikiran saya. Saya sekarang berumur 57 tahun. Yang saya tahu air itu dialirkan dari atas ke bawah, tapi ini dari bawah ke atas. Luar biasa TNI," ucapnya saat menerima kunjungan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE., MM, Rabu (24/8/2022) yang disambut tepuk tangan bergemuruh dari masyarakat yang hadir.

Kades Aswan menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI atas pembangunan pompa hidram yang akan sangat bermanfaat bagi para petani itu.

"Terima kasih bapak Pangdam, bapak Danrem, bapak Dandim, bapak Danramil serta para Babinsa yang telah membangun pompa hidram di desa kami," ujarnya. (emo).