Hebat, Pemuda Dompu Ini Terpilih Sebagai Ketua Forum Genre Indonesia

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Hebat, Pemuda Dompu Ini Terpilih Sebagai Ketua Forum Genre Indonesia

Koran lensa pos
Minggu, 21 Agustus 2022

 

Foto : Noer Alif Baslamin di Istana Negara


 Jakarta, koranlensapos.com - Satu lagi yang membanggakan bagi masyarakat Kabupaten Dompu NTB. Salah satu putra terbaik daerah bermotto Nggahi Rawi Pahu itu terpilih menjadi Ketua Forum Genre Indonesia. 


Ia adalah Noer Alif Baslamin. Alif saat ini merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram dan tidak lama lagi akan diwisuda.


Noer Alif Baslamin merupakan putra dari  ibu Wahyuningsih Juwita (Wakil Ketua Ikatan Bidan Indonesia / IBI Kabupaten Dompu dan juga Sekretaris Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak - Kanak Indonesia / GOPTKI Kabupaten Dompu).


Sebelum dipercaya sebagai Ketua Forum Genre Indonesia, Noer Alif Baslamin merupakan Ketua Forum Genre Indonesia (FGI) NTB dan pernah menjadi Ketua Forum Anak NTB.


Menurut penuturan sang ibu, Wahyuningsih Juwita bahwa jiwa kepemimpinan Alif memang telah terlihat sejak kecil dan memiliki banyak prestasi. Alif pernah menjadi Ketua OSIS di SMPN 1 Dompu dan SMAN 1 Dompu. Alif juga merupakan anggota Paskibraka  Kabupaten Dompu tahun 2018. Tidak mengherankan jika sikap kepemimpinan itu dimilikinya hingga kini.


"Alif sudah mengikuti semua ujian Kepemimpinan dan kepribadian Alif masuk 5 besar se-Indonesia. Alif juga pernah menjadi Ajudan Kepresidenan selama 1 bulan untuk Hari Kemerdekaan tahun 2019," sebut sang ibu yang biasa disapa Bidan Putri yang bekerja di Puskesmas Dompu Timur itu.


Berbagai prestasi membanggakan juga telah ditorehkannya. Waktu masih berstatus sebagai siswa di SMAN 1 Dompu pernah menjadi Juara Duta Genre Jalur pendidikan Putra Provinsi NTB  dan Juara 3 Senyembara Pidato Kependudukan Tingkat Provinsi NTB.


Dikutip dari berbagai sumber bahwa GENRE (GENerasi BeREncana) adalah program yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan kelompok sasaran program, yaitu: Remaja yang berusia 10-24 tahun tapi belum menikah, Mahasiswa/mahasiswi yang belum menikah, Keluarga, dan Masyarakat yang peduli terhadap kehidupan para remaja.



Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan. 


Forum Genre Indonesia merupakan wadah kolaborasi dan koordinasi Forum Genre Daerah, Duta Generasi Berencana serta Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR). Forum Genre Indonesia memiliki fungsi sebagai wadah komunikasi yang bersifat dinamis, aspiratif dan integratif, menjadi wadah pengembangan dan kapabilitas bagi program Anggota Forum Genre serta Anggota PIK Remaja Seluruh Indonesia, serta menjalin kemitraan dan menciptakan kolaborasi dalam pengembangan program yang berkelanjutan dan berkesinambungan.


FGI bertujuan :


Menggali, membina dan mengembangkan potensi kreativitas dan intelektualitas anggota Forum GenRe di seluruh Indonesia;


Menumbuhkembangkan semangat religiusitas, humanisme, nasionalisme, progresifitas serta semangat hidup sehat dan berencana;


Memberikan langkah-langkah dasar praktis dalam pengembangan kegiatan PIK Remaja dan Forum GenRe Provinsi dalam menjalankan fungsi dan perannya; dan


Melakukan pembinaan serta kapabilitas bagi PIK Remaja dan Forum GenRe Provinsi diseluruh Indonesia. (emo).