H. A. Razak Salman Sebut Lokasi Puskesmas Dompu Kota Adalah Tanah Wakaf Untuk Islamic Center

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

H. A. Razak Salman Sebut Lokasi Puskesmas Dompu Kota Adalah Tanah Wakaf Untuk Islamic Center

Koran lensa pos
Rabu, 03 Agustus 2022

 

Gedung UPTD Puskesmas Dompu Kota


Dompu, koranlensapos.com - H. A. Razak Salman menyebutkan lokasi pembangunan UPTD Puskesmas Dompu Kota saat ini merupakan tanah wakaf almarhum ayah kandungnya KH. Salman Faris untuk pembangunan Gedung Islamic Center. Karena itu H. A. Razak mempertanyakan pembangunan Gedung UPTD Puskesmas Dompu Kota di atas tanah tersebut. 
Diungkapkan oleh mantan Ketua KNPI Kabupaten Dompu tersebut bahwa Islamic Center dulu berada di samping Masjid Agung Baiturrahman. Namun akibat perluasan area masjid sehingga lokasi bangunan Islamic Center juga masuk di dalamnya.

"Lokasi Islamic Center kemudian dipakai perluasan Masjid Agung Dompu," sebutnya.

Dikatakannya, sebagai bukti kecintaan terhadap dakwah Islam, almarhum sang ayah KH. Salman Faris mewakafkan tanah miliknya di Sawete (yang dijadikan lokasi Puskesmas Dompu Kota saat ini) untuk dijadikan sebagai Islamic Center. 
"Tanah yang disediakan untuk Islamic Center itu adalah tanah wakaf almarhum Abah kami jadi bukan tanah pemkab. Almarhum wakafkan tanah untuk sarana kegiatan umat Islam," ujarnya.
Namun sungguh mengherankan plus mengagetkan baginya bahwa di atas tanah tersebut bukan Islamic Center yang dibangun, melainkan bangunan UPTD Pusekasmas Dompu Kota.

"Menjadi pertanyaan apakah Islamic Center tidak diperlukan lagi ? Kalau memang ada penggantinya, nah di mana lokasi penggantinya ? ," tanya Pimpinan Pondok Pesantren Salman O'o itu.

Lebih lanjut adik kandung dari mantan Bupati Dompu, H. Saifurrahman Salman ini meminta kepada Pemkab Dompu untuk mengembalikan lokasi tersebut sebagai tempat pembangunan Islamic Center sebagaimana yang dihajatkan oleh almarhum sang ayah yang telah mewakafkan tanahnya itu.

"Kami sebagai putra almarhum meminta untuk mengembalikan gedung islamic center sebagai pusat dakwah dan kegiatan Islam jadi bukan diperuntukan untuk umum lainnya," pintanya.

A. Razak juga menyebut Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) semestinya inklud dengan Islamic Center sebagaimana di provinsi dan kabupaten/kota lain di NTB.

Tokoh agama, H. Ali A. Gani, S. Sos juga berharap kepada pemerintah Kabupaten Dompu agar bisa mewujudkan Islamic Center sebagai pusat dakwah Islam.

"Semoga Islamic Center bisa dibangun oleh pemerintah daerah. Di NTB ini kabupaten yang tidak punya Islamic Center hanya di Dompu," sebutnya. (emo).