Bawaslu Dompu Gandeng Mahasiswa KKN UM Bima Gelar Dialog Pemuda Bahas Pemilu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Bawaslu Dompu Gandeng Mahasiswa KKN UM Bima Gelar Dialog Pemuda Bahas Pemilu

Koran lensa pos
Sabtu, 27 Agustus 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu menggandeng para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bima yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Lingkungan Mada Kimbi Kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu dalam pelaksanaan Dialog Pemuda terkait sosialisasi tentang Pengawasan Pemilu.

Kegiatan itu dilaksanakan di Posko Mahasiswa KKN Tematik UM Bima pada Sabtu (27/8/2022).

Berbagai elemen masyarakat Kelurahan Kandai Satu ikut aktif dalam dialog Pemuda tersebut.

Kegiatan itu didesain bersama KKN tematik Universitas Muhammadiyah Bima angkatan Pertama thn 2022 dengan Bawaslu Kabupaten Dompu  yang merupakan salah satu program kerja mereka.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu, Drs. Irwan pada kesempatan tersebut menyampaikan materi berjudul "Dinamika Kejahatan Money Politik Dalam Perspektif Hukum Pengawas Pemilu" 

Dalam kupasan materinya, Irwan menegaskan Politik Uang adalah kejahatan politik dalam setiap tahapan Pemilu/pemilihan yang harus sama-sama diperangi secara serius.

Dikatakannya kesadaran diri dan lingkungan keluarga masing-masing harus dimulai dari sekarang guna memberantas praktek politik uang itu.,  

"Politik uang berdampak menghasilkan pemimpin-pemimpin yang korup," ujarnya dalam pemantik diskusi. 

Sedangkan Pembicara II  yakni Rahmat Akbar  (Dosen Hukum Tata Negara) UM.- Bima membawakan materi berjudul "Dinamika Perkembangan Hukum Administrasi Negara di Indonesia".

Camat Dompu, Syahudin Abi, S.IP., M. Ak menyambut baik kegiatan dialog pemuda membahas pemilu itu. 

"Momennya sangat tepat karena  sedang memasuki tahun Politik," ujarnya.

Beberapa orang peserta aktif dalam dialog Pemuda tersebut mengharap kegiatan ini agar selalu dilakukan  sebagai pencerahab bagi masyarakat  yang masih sangat butuh ilmu tentang Pemilu. (emo).