Kabupaten Dompu Kembali Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya

Kategori Berita

.

Kabupaten Dompu Kembali Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya

Koran lensa pos
Jumat, 22 Juli 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Kabupaten Dompu NTB kembali meraih anugerah sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Madya pada tahun 2022 ini. Hal itu disampaikan dalam Acara Penganugerahan Penghargaan Kabupaten/Kota dan Provinsi Layak Anak 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Ibukota Jakarta dan diikuti secara virtual di seluruh Indonesia pada Jumat malam (22/7/2022) pukul 20.30 WIB. 

Sebagaimana diketahui nominasi KLA Tingkat Madya ini juga diberikan kepada Kabupaten Dompu pada tahun 2021 lalu.

Untuk di Kabupaten Dompu, kegiatan Malam Penganugerahan Penghargaan KLA tersebut diikuti secara virtual di Ruang Rapat Wakil Bupati Dompu. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT, Sekda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra, S. KM., MM. Kes beserta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Kabupaten Dompu. Turut hadir antara lain Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Drs. H. Gaziamansyuri, M. Ap, 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hj. Daryati Kustilawati, M. Si, Kepala Dinas Kesehatan Maman, M. Kes, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Zufri. ST., M. Si, Kepala DPKAD Muhammad, ST, Kepala Dinas Kominfo Abdul Syahid, SH, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Amirudin, S. Hut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir. Syamsul Ma'arif, Kepala Bakesbangpol H. Albuhairum, M. Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ir. Wahidin, M. Si, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu Isa, SE., ME.


Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan menyampaikan rasa bangga atas penghargaan KLA Tingkat Madya yang telah diraih dan mampu dipertahankan oleh Kabupaten Dompu pada tahun 2022 ini.

"Penghargaan ini tentunya sangat membanggakan karena masih banyak kota yang termasuk besar tapi masih berada pada kategori pratama, sedangkan Dompu sudah masuk madya," kata Wabup.


Ditegaskan Wabup prestasi tersebut tidak diperoleh begitu saja, namun berkat soliditas dan kerja sama yang baik antara DP3A dengan beberapa OPD lain serta berbagai elemen masyarakat lainnya. Karena itu, Wabup berharap agar jangan berpuas diri dengan perolehan nominasi madya tersebut, namun harus terus berupaya meraih kategori yang lebih tinggi lagi, yakni nindya dan utama. 

"Caranya sinergi dan kolaborasi harus tetap dibangun dan ditingkatkan," harapnya. 

Sementara itu, Kepala.DP3A Kabupaten.Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., M. Si menyampaikan rasa haru bercampur bahagia atas diraihnya penghargaan KLA tingkat madya dan sehari sebelumnya Wakil Bupati Dompu bersama dirinya telah menerima langsung penghargaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Jakarta sebagai bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Dompu dalam upaya perlindungan anak serta penggunaan aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak tahun 2022. 
Apresiasi yang luar biasa disampaikan Daryati kepada seluruh OPD terkait beserta instansi dan lembaga terkait serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh wanita yang telah berperan aktif mendukung upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak di Kabupaten Dompu.

"Dua penghargaan yang kita raih ini berkat kerja sama yang solid antara semua stakeholder terkait. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semuanya dan semoga sinergi dan kolaborasi yang baik ini dapat kita tingkatkan lagi," tutupnya dengan penuh harap. (emo).