Disparpora Kota Bima Gelar Pelatihan Manajemen Homestay 2022

Kategori Berita

.

Disparpora Kota Bima Gelar Pelatihan Manajemen Homestay 2022

Koran lensa pos
Rabu, 13 Juli 2022

Kota Bima, Lensa Pos NTB - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Bima hari ini, Rabu (13/7/2022) membuka Pelatihan Manajemen Homestay Tahun Anggaran 2022. Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni tanggal 13 - 15 Juli 2022. 

Kegiatan yang dihelat di Aula SMKN 3 Kota Bima dihadiri dan dibuka resmi Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Muhammad Natsir, M.Pd dan menghadirkan narasumber Adi Hidayat Argubi, S Sos, SST.Par, M.Si serta diikuti 40 Peserta. 


Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparpora Kota Bima, Ririn Swandayani, ST dalam laporannya menyampaikan tujuan dari pelatihan Manajemen Homestay, yakni untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola usaha di destinasi wisata, khususnya bagaimana mengelola homestay (tempat tinggal bagi wisatawan); Mengembangkan Sumber Daya Manusia Kota Bima dibidang kepariwisataan khususnya pengelola Homestay,  meningkatkan kompetensi Pelaku Pariwisata Kota Bima.


Ririn menyebutkan Pelatihan Manajemen Homestay tahun 2022 tersebut, mengacu pada Keputusan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Nomor 556/ / Disparpora/VII/2022 tentang penunjukan narasumber, moderator, pembawa acara kegiatan Pelatihan Manajemen Homestay Kota Bima Tahun 2022. 


Adapun sasaran kegiatan Pelatihan ini adalah : Pelaku usaha/ Pemilik Homestay, Masyarakat yang memiliki potensi/keinginan untuk homestay, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Bima, terang Ririn. 


Walikota Bima melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Muhammad Natsir, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, Kita sadari Kota Bima ini hanyalah Kota kecil dan kota yang sangat unik, namun didalamnya tersimpan pariwisata yang cukup menjanjikan bagi para tourism. 


Menurut Natsir, obyek wisata sebagai salah satu pemicu perkembangan dan peningkatan perekonomian masyarakat. Pelatihan ini menjadi ruang dan inspirasi bagi kita semua untuk mengembangkan pariwisata di Kota Bima. Tahun 2022 ini Pemerintah Kota Bima fokus membangun pariwisata di Pantai Lawata dan Pantai Kolo. 


Diakhir sambutannya, Kadisparpora mengajak para Pelaku Homestay dan Pokdarwis agar bisa mendesain potensi-potensi wisata di Kota Bima. mari kita bangun kebersamaan untuk mendorong geliatnya tourism melirik potensi wisata. (SUKUR)