Danramil Beri Pembekalan Wasbang Pada Siswa Baru SMKN 1 Pekat

Kategori Berita

.

Danramil Beri Pembekalan Wasbang Pada Siswa Baru SMKN 1 Pekat

Koran lensa pos
Kamis, 14 Juli 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para siswa baru SMKN 1 Pekat, maka pihak sekolah mengadakan kegiatan perkemahan.

Berbagai materi diberikan sebagai pembekalan bagi para siswa baru tersebut.

Salah satu pemateri adalah Danramil 1614-05/Pekat, Kapten Inf Maturidi. Danramil menyampaikan materi pada hari Rabu (13/7/2022) pukul 16.00 Wita tentang Wawasan Kebangsaan.

Danramil mengawali materinya dengan mengulas sejarah perjuangan bangsa Indonesia dari masa ke masa mulai tahun 1908, 1928 hingga puncaknya tahun 1945 untuk mencapai kemerdekaan dari cengkeraman bangsa kolonial. Perjuangan yang gigih itu akhirnya membuahkan hasil. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia berhasil memproklamirkan kemerdekaan pada saat yang tepat yakni tanggal 17 Agustus 1945.

Usai Proklamasi Kemerdekaan, perjuangan para pendahulu bangsa ini belum usai. Bangsa penjajah kembali ingin menguasai Nusantara. Maka para pejuang bangsa kala itu bangkit untuk bertempur mempertahankan kemerdekaan. Perlawanan muncul di berbagai daerah untuk mengusir kaum penjajah yang ingin kembali menancapkan kekuasaannya di negeri ini. Berkat kegigihan itu, bangsa penjajah pun enyah dari bumi pertiwi. 

"Sampai dengan sekarang ini kita akan kita Rayakan kemerdekaaan pada tanggal 17 Agustus 2022 merupakan HUT yang ke 77," jelas Danramil.

Dikemukakan Danramil, sekarang ini rakyat Indonesia hanya tinggal menikmati jerih payah para pahlawan bangsa yang bercucuran darah serta keringat demi merebut kemerdekaan dari tangan penjajah seperti Belanda dan Jepang.

"Sekarang kita tidak lagi berperang melawan penjajah, tetap kita tinggal menikmati perjuangan para pahlawan dengan cara memeriahkan kegiatan- kegiatan yang ada kaitannya dengan perjuangan," tandasnya.


Lebih lanjut Danramil menekankan para siswa sebagai generasi muda untuk mengetahui dan memahami sejarah perjuangan bangsa ini. Banyak cara yang bisa dilakukan agar mengerti sejarah. Antara lain dengan mendengarkan cerita langsung dari sesepuh masyarakat pejuang 45 yang kemungkinan masih ada yang hidup atau dengan membaca buku - buku tentang sejarah. 

"Dan juga sekarang ini zaman sudah canggih agar siswa siswi kelas 10 di SMKN 1 Pekat ini dapat juga melihat di googgle di medos," pintanya.

Di akhir pembekalannya, Danramil memberikan kunci keberhasilan bagi generasi muda sebagai penerus bangsa, yaitu Taat kepada Sang Pencipta Allah SWT dengan tekun beribadah, harus berbakti kepada kedua orang tua, berbakti kepada guru yang sering disebut sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dan beramal sholeh (mengerjakan kebaikan - kebaikan yang mendatangkan manfaat) antara lain dengan berinfaq dan bersedekah.

"Jangan takut miskin karena beramal 1000 atau 2000 bahkan sampai ratusan ribu. Allah Maha Mengetahui segala-galanya. Seperti rizki jodoh dan jematian kita sudah ada di diri pribadi kita masing masing. Untuk itu jangan pernah takut untuk beramal.

Usai pembekalan Wasbang, Danramil didampingi Babinsa Sertu Ilham dan para guru di sekolah tersebut memberikan materi tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) untuk membentuk sikap, karakter dan kerja sama pada diri pibadi siswa bersama teman - temannya di kelas 10. (emo).