Temu Anak dan Pemilihan Pengurus FAD Periode 2022 - 2024, Ini Hasilnya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Temu Anak dan Pemilihan Pengurus FAD Periode 2022 - 2024, Ini Hasilnya

Koran lensa pos
Sabtu, 11 Juni 2022

 


Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu, Jumat (10/6/2022) berlangsung kegiatan Temu Anak dan Pemilihan Pengurus Forum Anak Dompu Periode 2022 - 2024.

Kegiatan dimaksud dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., MM didampingi Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak Zulkarnain, S. Sos., M. Ph dan Kasi Peran Serta Anak Muhammad Iswan, S. KM, para siswa SMA sederajat dan SMP sederajat yang berjumlah sekitar 50 orang.


Acara yang dipandu oleh Endang Puji Astuti tersebut dihajatkan oleh DP3A Kabupaten Dompu untuk mendengarkan aspirasi dan partisipasi anak Dompu yang selanjutnya akan dijadikan acuan dalam menyusun program dalam rangka pemenuhan hak anak.

Walhasil, dalam pertemuan tersebut, terangkum 18 (delapan belas) usulan dari perwakilan anak Dompu yang hadir. Antara lain Forum Anak Goes To School, Bupati Sehari, Forum Anak Relawan Mengaji, Sunday Cleaning Day (SCD), Car Free Day, Trauma Healing - Mitigasi Bencana, Recycle (Daur Ulang Barang Bekas), Kampanye Anti Narkoba, Sosialisasi hak anak disabilitas, pembentukan forum anak kecamatan, desa/kelurahan, Suara Anak di Pembangunan Daerah, Pelatihan 2P (Pelopor dan Pelapor), Sosialisasi Pola Asuh Orang Tua di Daerah Terpencil, FAD Literasi, Kampanye Digital, dan FAD Diskusi Bersama Orang Tua.

Sebelumnya telah dilakukan prosesi pemilihan Ketua FAD Periode 2022 - 2024 secara demokratis. Hasil voting Muhammad Aditya mendapatkan suara terbanyak. Dengan demikian siswa kelas XI IPA1 di SMAN 1 Dompu tersebut mendapatkan amanah sebagai Ketua FAD Kabupaten Dompu periode 2022 - 2024. Muhammad Aditya juga merupakan Duta Genre Kabupaten Dompu tahun 2021. 

Forum Anak Dompu dibentuk untuk mengembangkan partisipasi anak. Keberadaan FAD sangat penting sebagai mitra pemerintah terutama dalam melaksanakan perannya sebagai pelopor dan pelapor.
Peran FAD sebagai pelopor maksudnya FAD berperan sebagai agen perubahan yang memberikan pengaruh positif terhadap teman-temannya. 
Sementara sebagai pelapor, anak-anak diharapkan dapat melaporkan bila menemukan fakta terjadinya kasus-kasus kekerasan terhadap anak dan terjadinya penyimpangan dalam pelaksananaan pemenuhan hak anak.

Diakuinya selama ini keberadaan FAD sangat strategis di dalam menyuarakan dan memperjuangkan pemenuhan hak anak serta terlibat dalam berbagai kegiatan sosial.

"Alhamdulillah dalam tempo sebentar saja anak-anak telah menyampaikan ide-ide cemerlang serta aspirasi dan partisipasinya sehingga dapat menyusun beberapa program," ujarnya mengapresiasi.

Umi Yat berjanji akan mengakomodir aspirasi anak-anak Dompu yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. (emo).