Minum Air Hangat di Pagi Hari Saat Perut Kosong, Ternyata Kaya Manfaat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Minum Air Hangat di Pagi Hari Saat Perut Kosong, Ternyata Kaya Manfaat

Koran lensa pos
Minggu, 12 Juni 2022

 



 Mencukupi kebutuhan air sangatlah penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Tapi, suhu air saat dikonsumsi juga ternyata punya manfaat, contohnya adalah minum air hangat di pagi hari saat perut kosong.


Dikutip dari The Healthsite, menurut Ayurveda, air hangat yang dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong menawarkan banyak manfaat kesehatan.


Dikutip dari Suara.com, berikut beberapa manfaat yang didapat jika rutin melakukannya.


1. Pencernaan lebih baik


Air hangat membantu pencernaan makanan dengan memberi energi pada sistem pencernaan dan membuat pencernaan lebih mudah bekerja. Jika Anda menderita masalah perut seperti sembelit, asam lambung, atau bahkan batuk atau pilek, minumlah banyak air hangat.


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal resmi Society of Gastroenterology Nurses and Associates, minum air hangat dapat meningkatkan pergerakan usus.


Ilustrasi secangkir air hangat (Freepik)

2. Membantu meredakan rasa sakit dan melancarkan sirkulasi darah

Panas air hangat dikenal karena kemampuannya untuk menyembuhkan otot perut dan memberikan bantuan langsung dari kejang dan kram. Air hangat juga meningkatkan sirkulasi darah.


3. Meredakan sembelit




Minum air hangat adalah cara terbaik untuk membersihkan racun dan menghindari masalah seperti kembung, sakit perut, dan ketidaknyamanan. Air hangat membantu mengatur pergerakan usus, yang pada gilirannya membantu meringankan sembelit.


4. Bagus untuk kesehatan kulit


Air hangat membantu Anda mengeluarkan racun dengan meningkatkan suhu tubuh dan melancarkan buang air besar. Pembersih alami ini sangat bagus untuk kulit yang bersih dan pori-pori yang tidak tersumbat. Akumulasi racun juga telah dikaitkan dengan percepatan penuaan, nah, air hangat membantu memperlambat prosesnya.


Itulah 4 manfaat minum air hangat di pagi hari saat perut masih kosong. Lakukan rutin untuk merasakan manfaatnya. 


5. Melonggarkan Sinus dan Meredakan Sakit Kepala


Dikutip dari Merdeka.com, secangkir air hangat menghasilkan uap. Memegang dan menghirup uap lembut ini dalam-dalam, dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat bahkan meredakan sakit kepala.


Lantaran memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan, minum air hangat di pagi hari akan membantu menghangatkan area tersebut.


Sejatinya, minum air itu membantu menjaga sistem pencernaan tetap berjalan. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah.


Manfaat minum air hangat di pagi hari ini akan membantu melarutkan makanan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini.