Lima Ribuan Pengunjung Padati Festival Tambora 2022

Kategori Berita

.

Lima Ribuan Pengunjung Padati Festival Tambora 2022

Koran lensa pos
Senin, 06 Juni 2022

 


Dompu, koranlensapos.com - Kerinduan masyarakat Dompu untuk kembali bermalam di alam bebas ditemani udara dingin di Kawasan Savana Doro Ncanga Desa Doropeti Kecamatan Pekat tidak dapat dibendung. Pasalnya 2 (dua) tahun kegiatan Festival Pesona Tambora tidak bisa dilaksanakan akibat pandemi Covid -19. 
Setelah Pemerintah mengumumkan pada tanggal 4 dan 5 Juni 2022 Festival Tambora kembali bisa dilaksanakan, masyarakat di daerah berjuluk Bumi Nggahi Rawi Pahu itu berduyun-duyun membawa anggota keluarganya untuk membangun tenda guna menginap di lokasi FT 2022. 

Sekitar 5 (lima) ribu pengunjung memadati lokasi FT 2022 yakni di Pos 1 Pendakian Gunung Tambora Jalur Doro Ncanga, tepatnya di Kawasan Sanctuary Rusa Timor.

"Pengunjung yang hadir sejak kemarin dan menginap di sini lebih kurang lima ribu orang," ungkap Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam sambutannya pada acara puncak FT 2022.

Bupati menyebut jumlah tersebut berdasarkan data dari aparat keamanan TNI - POLRI. Diakui Bupati pada penghujung kegiatan di Hari Minggu sore sudah banyak pengunjung yang  pulang meninggalkan lokasi disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah karena cuaca. 

"Karena hujan sehingga sekarang ini pengunjung sudah kurang banyak sekali," kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan FT 2022 sehingga bisa berjalan lancar, aman dan tertib. Bupati juga menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan-kekurangan yang ada dan menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan di tahun-tahun mendatang. (emo).