Ini Kegiatan Teritorial Babinsa Koramil 1614 - 01 / Dompu

Kategori Berita

.

Ini Kegiatan Teritorial Babinsa Koramil 1614 - 01 / Dompu

Koran lensa pos
Kamis, 02 Juni 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Dua Babinsa di Koramil 01/Dompu yakni Babinsa Desa Katua, Serda Adnan dan Babinsa desa Rababaka, Serda Rifaid melaksanakan komsos dengan warga binaan pada hari Rabu (1/6/2022).

Babinsa Desa Katua Komsos dengan warga binaan memberikan pengarahan dan pembinaan tentang keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Dikemukakan Babinsa bahwa wilayah Desa Katua harus diupayakan agar tetap aman dam tertib. Aman dari segala hal yang mengganggu baik secara internal (dari dalam) maupun eksternal (dari luar). Gangguan dari dalam misalnya adanya perkelahian atau percekcokan antar remaja di dalam wilayah Desa Katua. Sedangkan gangguan secara eksternal contohnya terjadi tindak kejahatan pencurian yang dilakukan oleh orang dari luar desa setempat. Ada sekelompok orang yang mengonsumsi minuman keras (miras) juga dapat berakibat terjadinya gangguan keamanan karena umumnya mereka akan melakukan perbuatan yang meresahkan orang lain, misalnya berteriak - teriak bahkan kadang melakukan tindakan penganiayaan usai menenggak miras. 
Sedangkan tertib yakni seluruh warga bisa disiplin dan patuh mengikuti aturan yang berlaku di tengah masyarakat, bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

"Bila kondisi aman dan tertib bisa terwujud, maka kehidupan masyarakat akan nyaman, tenteram dan damai. Akan tenang juga di dalam bekerja mencari nafkah buat keluarga," ucapnya.

Babinsa berharap bila di lingkungan sekitar tempat tinggal terjadi sesuatu yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas, agar dapat melaporkan kepada Kepala Dusun setempat maupun Kepala Desa atau Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Sementara Babinsa Desa Rababaka, Serda Rifaid  melaksanakan Komsos dengan warga binaan, Membahas tentang kebersihan dan keindahan di Desa Rababaka.

Dikatakan Babinsa, Desa Rababaka merupakan wilayah yang sejuk dan teduh karena disekelilingnya masih terdapat kawasan hutan, sungai, bendungan dan saluran irigasi primer. Sejak dulu menjadi tempat yang disenangi oleh warga dari desa lain untuk mandi maupun mencuci pakaian. Karena itu kebersihan dan kelindahan lingkungan harus tetap dirawat dengan baik. (emo).