Syahrul : OPD Lingkup Pemda Dompu Harus Mampu Tunjukkan Program Nyata dan Capaiannya Kepada Publik

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Syahrul : OPD Lingkup Pemda Dompu Harus Mampu Tunjukkan Program Nyata dan Capaiannya Kepada Publik

Koran lensa pos
Sabtu, 28 Mei 2022

 

        Sahrul, Wartawan Media Online                  Topikbidom.com


Dompu, koranlensapos.com - Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Dompu harus mampu mewujudkan  program kerja dan capaiannya sesuai fungsi serta tanggung jawabnya. Artinya, harus ada perubahan kemajuan nyata yang mampu diwujudkan dalam bidang masing-masing. 

Saran itu disampaikan oleh Sahrul Wartawan Media Online Topikbidom.com.

"OPD harus mampu membuktikan  kepada publik, apa saja program kegiatan yang telah mampu dicapai,  khususnya OPD yang bersentuhan langsung dengan program unggulan yang dicanangkan pemerintah," sarannya.

Bila perlu, kata Sahrul, OPD harus mampu membuat ringkasan laporan secara tertulis untuk dilaporkan kepada pucuk pimpinan, termasuk kendala apa saja yang dirasakan sehingga fungsi dan tugasnya tidak mampu dilakukan secara maksimal. 

"Sehingga, solusi dari kendala yang dirasakan bisa ditemukan jalan keluarnya," imbuhnya.

Dikemukakannya, semua OPD memiliki akses yang kuat untuk intens berkoordinasi dengan Camat, Lurah dan Kepala Desa, guna menggali apa saja yang diharapkan dan dibutuhkan oleh masyarakat di berbagai bidang. 

Lebih lanjut ia mengusulkan agar capaian program kegiatan OPD bisa maksimal, tentunya tidak terlepas dari pengawasan Wakil Rakyat secara melekat. 
"Apalagi, para wakil rakyat mengetahui apa saja aspirasi atau harapan masyarakat terhadap pemerintah. Artinya, ini benar-benar dibutuhkan keseriusan sehingga mampu menciptakan perubahan kemajuan secara nyata di berbagai bidang," ucapnya.

Sahrul mengemukakan jika capaian perubahan kemajuan secara nyata tidak mampu diwujudkan lantaran terkendala minimnya anggaran untuk mendukung berbagai kegiatan yang canangkan, maka dipastikan semua item yang sudah ditargetkan terkesan akan jalan di tempat. Berbicara perencanaan, tentu harus ada realisasi dan capaian terwujud.

"Berdasarkan hasil pengamatan kami (mohon ma'af jika salah), di daerah yang terlihat potensi akan aktivitas pertanian. Itu pun, terlihat hanya salah satu komoditi pertanian yang tentunya sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat. Namun, sayangnya bidang ini tentunya tetap menimbulkan masalah dan kendala, sehingga publik menilai bahwa apa yang dilakukan pemerintah masih jalan di tempat. Di sisi lain, berbagai potensi di daerah sangat luar biasa akan keberadaannya. Termasuk, di bidang perikanan dan kelautan, bahkan, bidang peternakan," urainya.

Ia menyambung bidang pertanian memiliki potensi yang luar biasa. Pemerintah mestinya, mampu mewujudkan pembangunan pabrik pengolahan hasil pertanian, khususnya jagung. Di bidang perikanan dan kelautan di daerah ini, memiliki potensi akan hasil laut yang luar biasa, termasuk ikan, udang, kepiting dan lainnya. 
Potensi ini, tentunya masih dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk para nelayan. Apalagi, jumlah nelayan di daerah ini sangat banyak," tuturnya.

Dikatakannya pemerintah terkait, mestinya memiliki titik fokus untuk mengembangkan aktivitas nelayan yang memanfaatkan potensi kekayaan laut. 

"Minimal di tengah melimpahnya hasil ikan, pemerintah harus mampu mewujudkan kemajuan perubahan nyata dengan membangun pabrik pengolahan ikan dan sarana serta fasilitasnya lainnya untuk mendukung kemajuan di bidang perikanan dan kelautan," sebutnya.

Di bidang peternakan pun demimian. Mestinya OPD terkait memiliki titik fokus untuk mengembangkan peternakan. 
"Minimal, pemerintah harus mampu mewujudkan pembangunan pabrik pengolah daging. Termasuk, daging sapi. Selain itu, juga mampu mewujudkan pembangunan pabrik pengolahan pakan ternak," paparnya.

Dikatakan Sahrul, dari semua komponen ini, berbagai sarana dan fasilitas pendukung (salah satunya pembangunan pabrik) untuk pengembangan peningkatan di berbagai bidang sangat dibutuhkan. 

"Jika saat ini pemerintah masih saja tetap fokus untuk mengembangkan infrastruktur jalan dan lainnya (sebab item ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya. Maaf jika salah), lalu kapan pembangunan sarana dan fasilitas lainnya mampu untuk diwujudkan pembangunannya," katanya.

Menurut Sahrul, mestinya pemerintah benar-benar fokus memikirkan apa saja potensi luar biasa yang ada di masing-masing wilayah kecamatan. Jika, hal ini dilakukan tentunya pemerintah dapat fokus dan serius untuk mengembangkan potensi yang ada dengan cara melakukan pemetaan secara awal terhadap potensi yang ada. 

"Intinya, semua OPD memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi di wilayah masing-masing. Tinggal, bagaimana OPD mampu menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik, guna mewujudkan perubahan kemajuan secara nyata," pungkasnya. (emo)