YRII dan LP2DPM Distribusikan 1000 Paket Ramadhan 2022 di Dompu Dengan CVA

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

YRII dan LP2DPM Distribusikan 1000 Paket Ramadhan 2022 di Dompu Dengan CVA

Koran lensa pos
Rabu, 20 April 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Di dalam bulan Suci Ramadhan 1443 H ini, Yayasan Relief Islam Indonesia (YRII) bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2DPM) melakukan kegiatan sosial pendistribusian 1000 Paket Ramadhan 2022.
Pembina LP2DPM, Ir. Muttakun menyebutkan Paket Ramadhan 2022 dimaksud berupa pendistribusian bantuan sembako kepada 1.000 keluarga yang bertempat di 10 desa di Kabupaten Dompu. Setiap ada ada 100 keluarga yang menerima bantuan tersebut. 
"Nilai bantuan.yang didistribusikan sebesar Rp. 485.000 (empat ratus delapan puluh lima ribu rupiah) per keluarga," sebutnya.

Muttakun menjelaskan pendistribusian bantuan itu menggunakan mekanisme transaksi digital platform model Cash and Voucher Assistant (CVA). Penerima bantuan mendatangi kios yang sudah ditunjuk untuk mendapatkan paket dimaksud.

"Launching mekanisme distribusi digital platform Paket Ramadhan telah dilaksanakan pada tanggak 15 April 2022 yang dibuka secara resmi oleh Wabup Dompu H. Syahrul Parsan, ST, MT di Desa Manggeasi sekaligus kunjungan ke Kios di sekitar yang terlibat dalam pengadaan dan distribusi paket ramadhan sekaligus melihat Demo Mekanisme Digital Platform model cash and  voucher assistant yang diterapkan dalam distribusi sembako," jelas Muttakun.

Wabup Syahrul Parsan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada YRII dan LP2DPM yang melakukan pendistribusian Paket Ramadhan 2022 dengan menggunakan mekanisme digital platform CVA.

"Produk yang diluncurkan pertama kali di Kabupaten Dompu oleh Islamic Relief Indonesia dan LP2DPM yaitu Mekanisme Distribusi Digital Platform Program Ramadan 2022 ini bisa menjadi model yang dipakai oleh Pemkab Dompu dalam menyalurkan bantuan-bantuan sosal bagi warga miskin di Kabupaten Dompu," ujarnya.

Menurut Wabup penyaluran bantuan semacam itu bisa dijamin terlaksana secara partisipatif, transparansi dan akuntabel mulai dari pendataan calon penerima bantuan (pemegang hak), penetapan hingga penyaluran (distribusi) serta menyediakan ruang complain (pengaduan) bagi masyarakat atau pemegang hak atas proses distribusi paket ramadhan ini.

"Harapan kami dari Pemkab Dompu semoga penerima program yaitu 100 pemegang hak yang akan menerima bantuan paket ramadhan dari Islamic Relief Indonesia ini kiranya dapat mencukupi kebutuhan pangan selama bulan ramadhan dalam rangka memenuhi gizi yang berdampak pada ketahanan pangan warga terutama bagi warga miskin," harap Wabup. 

Direktur LP2DPM, Rustam Hardiatman, SP menjelaskan bahwa progres pendistribusian Paket Ramadhan 2022 telah mencapai 95 persen.

"Desa yang mendapatkan dukungan paket ramadhan adalah Daha, Sawe, Cempi, Adu, Woko, Manggeasi, Mangge Na'e, Karamabura, Saneo, dan Rababaka," sebut Rustam. (emo).