Danrem 162/WB Kunker di Dompu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Danrem 162/WB Kunker di Dompu

Koran lensa pos
Jumat, 01 April 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST., M.Si beserta rombongan, Jumat (1/4/2022) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Dompu.

Kunker Danrem 162/WB di wilayah Kodim 1614/Dompu sekaligus silaturahmi dengan Forkopimda Kabupaten Dompu dan serbuan vaksinasi di kabupaten Dompu serta pengarahan kepada anggota Kodim dan Polres Dompu. Kegiatan Kunker dipusatkan di Makodim 1614/Dompu Jalan Jend. A. Yani Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu.

Adapun rombongan Danrem 162/Wira Bhakti terdiri dari Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST., M. Si,  Dandim 1606/ Mataram Letkol Arm Arif Rahman, S. Sos., MM, Kasitere 162/WB Letkol Czi I Gusti Putu Dwika, Pasi Intelrem 162/WB Mayor Inf Asep Okinawa Mu'as, dan ADC Danrem Serda Agustrya Wahyu Wardhika.

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Dompu mendampingi kegiatan kunjungan Danrem 162/WB antara lain  Bupati Dompu Kader Jaelani, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A. Md. Par,  Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Taufik, S. Sos, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S.I.K, Sekda Dompu Gatot Gunawan PP,  SKM., M. Kes
Kepala Kejaksaan Negeri Dompu diwakili oleh kasi Intel, Indra Zulkarnain, SH.,MH,  Ketua Pengadilan Negeri Dompu,  Kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Dompu, Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Kadiskes Maman, S.KM., MM. Kes.


Turut hadir Tokoh Agama dan Pimpinan Pondok Pesantren antara lain Ketua Yayasan Pondok Pesantern Utsman Bin Affan, Drs. H. Syamsudin, M. Pd,  Pimpinan Pondok Pesantren Assalam Ustadz Mujahidulhaq, S. Pdi,  Pimpinan Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Ustadz Zainudin, S. Pdi,  Ketua Yayasan Sekolah Alam SD IT Ustadz Taqiyuddin, S. Pdi, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

 Danrem 162/WB beserta rombongan  tiba di Makodim 1614/Dompu pada pukul 11.35 Wita. Kedatangan Danrem disambut oleh Dandim 1614/Dompu dan Forkopimda dilanjutkan jajar kehormatan dan pengalungan bunga serta tarian selamat datang. Selanjutnya Danrem meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi di Aula II Makodim 1614/Dompu.

 Kemudian Danrem bersama Forkopimda dan pimpinan Pondok Pesantren menuju masjid Al Munaady Makodim 1614/Dompu untuk melaksanakan Sholat Jum'at.

Bertindak sebagai khatib sekaligus imam adalah Ustadz Mujahidulhaq, S.Pd (Pimpinan pondok Assalam).

 Inti khutbahnya Menyambut Bulan Suci Ramadhan. Khotib menjelaskan beberapa keutamaan dan keistimewaan di bulan suci ramadhan. 
"Di bulan suci Ramadhan semua amalan kita akan dilipatgandakan oleh Allah. Oleh karena itu mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita," ujarnya.

Dikemukakannya pula bahwa di bulan Ramadhan Allah menurunkan Al-Qur an. Siapa yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan syafa'at di hari akhir nanti.

"Kita bersyukur karena masih diberikan oleh Allah  SWT kesempatan untuk bertemu bulan Ramadhan kali ini," ucap Khotib.

Di bulan Ramadhan akan melaksanakan sholat taraweh secara berjama'ah dan pahalanya luar biasa dilipatgandakan oleh Allah SWT.

"Oleh karena itu mari kita tingkatkan keimanan dan kualitas ibadah  kita di bulan suci ramadhan, dan untuk waktu puasanya  kita tunggu keputusan dari pemerintah melalui Menteri Agama RI," jelasnya.

Selanjutnya Danrem melaksanakan makan siang di Aula I Makodim 1614/Dompu didampingi oleh Forkopimda dan pimpinan pondok pesantren serta anggota DPRD Dompu

Rombongan Danrem 162/WB kemudian meninggalkan Makodim 1614/Dompu menuju Mapolres Dompu.

Pukul. 14.40 wita, Danrem 162/WB bersama rombongan tiba di Mapolres Dompu dan disambut oleh Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S. IK dan Perwira dan langsung masuk di ruangan Kapolres Dompu.

Kepada Danrem 162/WB, Kapolres Dompu melaporkan tentang situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Dompu.  Dikatakan Kapolres, akhir-akhir ini sering terjadi aksi blokade jalan. Namun berkat upaya pendekatan oleh anggota segera turun di lapangan berkerja sama dengan Babinsa dan Babinkamtibmas sehingga permasalahan dapat diatasi. 

Danrem mengawali arahannya di Mapolres Dompu dengan mengisahkan sekelumit perjalanan karir. Tahun 2016 pernah menjabat sebagai Danrem 162/WB dan kini kembali mendapatkan amanah yang sama. 

"Kita mensyukuri nikmat itu apapun yang diberikan itu adalah nikmat yang di berikan oleh Allah, nikmat itu membawa kebahagiaan kita tapi kebahagiaan itu sendiri yang kita nikmati jangan sampai kita mengeluh kalau kita tidak merasa bersyukur itu akan mengganjal di hati kita. Saya mengajak kepada seluruh anggota TNI-POLRI untuk menanamkan rasa syukur kepada diri sendiri masing-masing untuk kebahagiaan diri kita supaya kita tetap sehat," kata Danrem.

Dikemukakan Danrem bahwa potensi daerah NTB sangat banyak yang bisa dimanfaatkan walaupun sering dikatakan sebagai daerah terpencil. 

Selanjutnya Danrem mengajak TNI- Polri agar tetap solid dan harus betul-betul kompak dan kerjasama berkaloborasi serta bersinergi

"Karena kalian TNI-POLRI adalah garda depan dan menjadi sorotan mata dari masyarakat. Hindari bentrok antara TNI-POLRI dan ciptakan lingkungan yang  kondusif. Jangan gara-gara kita hanya miscommunication saja jadi bermasalah," pesannya.

Ditegaskan Danrem, NTB harusnya memiliki banyak potensi sumberdaya alam yang dapat dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Keamanan menjadi faktor yang sangat penting. 

Danrem juga berpesan agar mempersiapkan anak-anak dengan sebaik-baiknya agar mrmenuhi persyaratan untuk menjadi anggota TNI/Polri.
"Karena ke depan siapa lagi untuk penerus kita. Saya harapkan kepada seluruh anggota agar anak-anaknya di bina mulai sekarang dan disiapkan fisik dan kesehatanya. Kami sangat kesulitan untuk meloloskan anak-anak kita sebab sangat banyak kekurangan. Sudah saya tekankan kepada para panitia jangan sampai ada yang bermain uang. Jangan sampai para panitia ada yang mencoba bermain uang," tegasnya.

Usai pengarahan Danrem dilanjutkan dengan pemberian cendera mata oleh Kapolres Dompu kepada Danrem 162/WB.

Pukul 15.50 wita seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kerja  Danrem 162/WB selesai dilaksanakan dalam keadaan aman dan lancar. Selanjunya Danrem menuju Bima. (emo).