Binter Para Babinsa 6 Koramil di Dompu 14 April 2022 Aman dan Lancar

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Binter Para Babinsa 6 Koramil di Dompu 14 April 2022 Aman dan Lancar

Koran lensa pos
Jumat, 15 April 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh para Babinsa di 6 (enam) Koramil di wilayah Kodim 1614/Dompu pada hari Kamis (14/4/2022) berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Demikian disampaikan oleh Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Taufiq, S. Sos melalui Pasi Intel, Kapten Inf. Ibrahim.

"Alhamdulillah kegiatan teritorial di semua Koramil di bawah Kodim 1614/Dompu pada hari Kamis, 14 April 2022 berlangsung dengan aman, tertib dan lancar," ungkapnya.

Selanjutnya Pasi Intel menyebutkan kegiatan teritorial di Koramil 1614-04/Kilo antara lain dilaksanakan oleh Babinsa Desa Taropo, Serda Mashudi dan Babinsa Desa Mbuju Koptu Dahlan.

Babinsa Taropo, Serda Mashudi mulai pukul 09.30 Wita bersama aparatur Pemerintah Desa setempat mengadakan pertemuan di Kantor Desa setempat. Materi yang dibahas tentang pelaksanaan program vaksinasi yang masih berlanjut di desa tersebut. Babinsa juga mengingatkan agar masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, sering mencuci tangan dan menjauhi kerumunan untuk mencegah penyebarluasan Covid -19 maupun varian baru Omicron.

Sementara Babinsa Desa Mbuju, Koptu Dahlan melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan di Dusun Matompo Desa Mbuju. Mereka membahas tentang harga jagung yang mulai menurun secara perlahan. Petani setempat agar pemerintah dan pihak terkait (pengusaha) menjaga kestabilan harga komoditas jagung.

Dibahas pula tentang upah petik jagung. Pihak Pemerintah Desa memberikan patokan standar ongkos petik jagung per hektar sebesar Rp.  2. 000. 000 (dua juta rupiah) ditambah jaminan makan dan rokok dari pemilik lahan jagung.

Tidak lupa pada kesempatan tersebut, Babinsa Koptu Dahlan mengajak kepada  warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan covid 19.


Sedangkan di Koramil 1614-03/ Hu'u, Babinsa Desa Rasabou, Pelda Wahyudin melaksanakan komsos bersama warga setempat membahas berbagai persoalan sosial kemasyarakatan yang terjadi di desa tersebut. Babinsa mengarahkan agar musyawarah untuk mencapai mufakat serta semangat gotong royong selalu dijunjung tinggi. Dikatakannya musyawarah dan gotong royong adalah dua hal yang tidak boleh dipisahkan dari kehidupan masyarakat mengingat manfaatnya yang sangat besar.
Kegiatan Babinsa selanjutnya adalah 
mendampingi pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap warga Desa Rasabou yang dilaksanakan di kantor Desa Rasabou Kecamatan Hu'u. Tidak lupa diingatkan kepada warga penerima BLT agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi Covid -19.

Adapun Babinsa Desa Marada, Serka Rifai melaksanakan komsos bersama aparatur Desa  di kantor Desa Marada membahas tentang upaya menjaga keamanan lingkungan agar tetap kondusif, serta terhindar dari hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba, miras, maupun tindak kejahatan pencurian dan perkelahian.
 
Babinsa juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu tetap mematuhi protokol kesehatan covid19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Di Koramil 1614 - 05 / Pekat, Babinsa Desa Karombo, Serka Ilham  melaksanakan anjangsana dengan para buruh muat jagung di Dusun Soridei desa Karombo. Babinsa memberikan apresiasi kepada para buruh yang begitu semangat dan kuat memikul jagung di saat puasa seperti ini. Apalagi ditambah dengan panas terik matahari. 
Pekerjaan itu dilakukan demi untuk menghidupi keluarga di rumah. 

"Walaupun kita bekerja keras seperti ini tapi kewajiban untuk menunaikan ibadah sholat jangan sampai terlupakan apalagi di bulan Ramadhan ini yang merupakan bulan yang penuh dengan pengampunan," imbau Babinsa.

Sebagaimana biasa, Babinsa juga mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Babinsa Nangakara, Serka Fadir Musa bersilaturahmi dengan ibu-ibu rumah tangga di Dusun Mantika Desa Nangakara.

Babinsa mengarahkan kepada kaum hawa agar melayani suaminya masing-masing dengan penuh keikhlasan dalam melaksanakan pekerjaan apapun, karena itu adalah salah satu tugas ibu rumah tangga. 

"Pelayanan yang baik dari istri akan membuat suaminya semakin cinta dan sayang. Bukankah begitu ibu-ibu ?," tanyanya yang dijawab iya dengan serempak oleh para ibu tersebut.

Selain itu, lanjutnya ibu-ibu juga harus menjaga dan mendidik anak-anak dengan baik.

"Supaya kelak menjadi anak yang baik, soleh dan solehah," ujarnya.

Babinsa juga menegaskan agar selalu mentaati prokes.

Di Koramil 1614 - 02 / Kempo, Babinsa Desa Dorokobo, Serka M. Ali melaksanakan Komsos dengan masyarakat di Dusun Muhajirin. Babinsa mengajak warga agar selalu menjaga hubungan komunikasi dan interaksi yang sudah terjalin dengan baik antar warga di desa tersebut. Babinsa sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pematuhan terhadap prokes.

Sedangkan Babinsa Desa Soro, Serma Suherman dan Bhabinkamtibmas melaksanakan kegiatan Komsos dengan masyarakat di Dusun Wodi. Babinsa mengajak warga agar meningkatkan keimanan, ketakwaan dan kesabaran di dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan ini. Babinsa mengingatkan pula agar warga tidak mengabaikan prokes dalam berinteraksi dengan sesama.

Sementara di Koramil 1614 - 06 / Manggelewa, Babinsa Desa Kwangko, Serma Ihkin MT melaksanakan kegiatan silaturrahim bersama warga binaan di Dusun Ncuni.

Melalui momen tersebut, Babinsa memberi arahan pada warga agar menciptakan hidup yang harmonis  dan tenteram supaya tetap tercipta suasana kehidupan masyarakat yang aman dan damai. Sifat iri dan dengki terhadap sesana supaya dihindari karena itu sifat yang sangat negatif dan merugikan diri sendiri bahkan kepada orang lain. 

Selain itu diajak kepada warga supaya mewujudkan kebersihan lingkungan sekitar agar bisa hidup sehat.
Tidak lupa Babinsa mengingatkan warga agar mematuhi prokes.

Sedangkan Babinsa Desa Lanci Jaya, Sertu Syamsudin bersama Kepala Desa dan Kepala Dusun Doro Mbe,e serta warga melaksanakan koordinasi terkait aset desa yang masih sengketa dengan masyarakat. Babinsa mengarahkan agar persoalan itu bisa diselesaikan dengan kepala dingin sehingga kedua belah pihak tetap rukun dan damai.

Babinsa sekaligus mengimbau agar sama sama menjaga keamanan serta ketertiban di desa supaya tetap kondusif. Diingatkan pula agar tetap mematuhi prokes.

Di Koramil 1614 - 01 / Dompu, Babinsa Kelurahan Kandai Dua, Sertu Agus Salim melaksanakan kegiatan Komsos dengan warga binaan di Lingkungan Kandai Dua Timur. Mereka membahas keamanan dan ketertiban selama bulan puasa di lingkungan masing masing, Babinsa juga menyampaikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sedangkan Babinsa Desa Rababaka, Serda Rifaid dan Bhabinkamtibmas beserta Kades mendampingi warga binaan yang menerima BLT.
Babinsa mengimbau selama dalam kegiatan pembagian BLT tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19. (emo).