Wabup Syahrul Parsan Laksanakan Panen Raya Padi Organik di SMK 1 Hu'u

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Wabup Syahrul Parsan Laksanakan Panen Raya Padi Organik di SMK 1 Hu'u

Koran lensa pos
Minggu, 27 Maret 2022

 










Dompu, koranlensapos.com - Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT, Sabtu (26/3/2022) mulai pukul 10.00 Wita melaksanakan Panen Raya Padi Organik "Ana Ndai" di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu NTB.

Hadir pula dalam kegiatan dimaksud Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni, SP., MM, Camat Hu'u Mukhtar, S. Sos, Kapolsek Hu'u IPDA Agustamin, Kepala SMKN 1 Hu'u Rosyidah, S. Pd,  Babinsa Daha Serma Muhdar, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Daha dan tokoh masyarakat setempat.
Padi Organik tersebut merupakan jasil pembelajaran Teaching Factory (TEFA) Untuk Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) Siswa SMK Negeri 1 Hu'u sebagai mitra binaan Konsultan Pertanian PT Sumbawa Timur Mining (PT STM). Pengembangan padi organik di Desa Daha di atas areal sawah seluas 1,5 Ha.





Kegiatan Panen Raya Padi Organik dirangkaikan pula dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni, SP., MM dan Kepala SMKN 1 Hu'u, Rosyidah, S. Pd.


Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman padi organik yang dilakukan oleh siswa SMKN 1 Hu'u yang menjadi binaan PT. STM. Dikatakannya pemerintah sangat menyadari pentingnya penyediaan sumberdaya manusia (SDM). 
Salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu, pemerintah melalui kebijakan peningkatan mutu pendidikan kejuruan yang memberi perhatian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Teaching factory adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

"Apresiasi disampaikan oleh
Pemda Dompu kepada SMK 1 Hu'u yang telah melaksanakan program TEFA. Harapannya program Teaching factory di SMK 1 Hu'u ini nantinya akan menghasilkan produk atau jasa yang sesuai standar industri," ucap Wabup.

 Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP., MM menjelaskan bahwa pengembangan padi organik adalah salah satu solusi terkait permasalahan padi saat ini. 

"Pengembangan padi organik ini relatif biaya produksinya rendah sementara harga jual saat menjadi beras nanti menjadi lebih tinggi karena memiliki pasar tertentu," jelasnya. (emo).